Rab. Agu 10th, 2022

WARTAKADIN

Kabupaten Bekasi

2022 Adalah Tahun Ketat Perdagangan Barang dan Jasa

2 min read

Oleh : Tengku Bustaman
WKU Perdagangan KADIN Kabupaten Bekasi

Cikarang|| Warta Kadin

Tahun 2022 adalah tahun kompetisi di bidang perdagangan, menghadapi ini KADIN kabupaten Bekasi akan membuat rumusan bersama dengan Dinas Perdagangan untuk mengantisipasi serbuan pasar bebas dampak dari AFTA yang sulit kita bendung, maka perlunya langkah antisipasi.

Kenapa saya katakan tahun 2022 akan lebih ketat disektor perdagangan, karena dampak recovery ekonomi pasca Pandemi akan berdampak pada turnover produk yang berbasis eksport, karena setiap negara khususnya di Asia tenggara akan berorientasi pada pembenahan PDB mereka yang sempat terganggu akibat pandemi Covid-19 termasuk pengawasan kemungkinan terjadinya dumping atas produk-produk luar yang masuk ke Indonesia ini harus diawasi oleh WKU perdagangan. Dan perlu dicatat bahwa Bekasi termasuk pasar yang sangat strategis.

Kemudian menjawab tantangan di tahun 2022, WKU perdagangan barang dan jasa merasa perlu untuk memberikan masukan kepada pemerintah daerah sebagai upaya memproteksi dini, hal tersebut bisa tertuang nantinya dalam kebijakan-kebijakan yang mengikat pada simpul-simpul usaha yang sudah eksis di Kabupaten Bekasi.

Saya melihat keberpihakan otoritas daerah masih belum maksimal dalam pembuatan perangkat hukum dan aturannya, padahal kita sudah punya Perda 1 tahun 2021 tentang penguatan bisnis berbasis UMKM.
Terkait keberpihakan pada usaha kecil dan menengah WKU Kadin Perdagangan Barang dan Jasa melihat pada kontek implementasi perlu ada juklak-juknis agar kami bisa mengukur parameter pencapaiannya, kendalanya, serta peluang dan pengembangan kedepannya.

Kemudian bisnis retailer korporat dengan pola bisnis friencise yang saat ini hadir sebagai bentuk pengembangan dunia usaha perlu juga diajak duduk untuk diskusi bersama, merumuskan berbagai persoalan UMKM yang kedepannya kita bisa sinergikan dengan UMKM konvensional yang ada di kabupaten Bekasi.

Sementara Bisnis Paltform digital adalah rasionalisasi peluang yang akan kita dorong agar hasil industri pertanian masuk dalam marketplace, kita dorong misalnya hasil beras petani ke koperasi-koperasi karyawan di perusahaan, begitu halnya dengan produk-produk lainnya. Konsolidasi Lintas WKU yang berhubungan menjadi catatan penting yang harus dirumuskan bersama pada saat Rapat Kerja terbatas KADIN Kabupaten Bekasi, agar sinergitasnya menjadi trobosan dalam menghadapi tantangan era pasar bebas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *