Pos-pos Terbaru

April 30, 2024

WARTAKADIN

Kabupaten Bekasi

Hankook Tunda Ekspansi di Cikarang Akibat Sulit Ekspor ke AS

2 min read

PT Hankook Tire Indonesia perusahaan ban asal Korea Selatan yang sudah beroperasi sejak 2013 di Cikarang, memutuskan untuk menunda penambahan pabriknya. Padahal sebelumnya perusahaan sudah berencana menambah pabriknya yang ketiga di Cikarang.

Hankook rencananya akan memproduksi Truck and Bus Radial (TBR). Namun menurut General Manager Corporate Management Team PT Hankook Tire Indonesia Yoon Keung Yoong, ada tantangan ekonomi global yang menyebabkan rencana itu ditunda.

Kepada Kontan.co.id ketika ditemui di pabrik Hankook Indonesia, Cikarang, Selasa (17/9), Yoon menyampaikan, belum dapat dipastikan sampai kapan penundaan pembangunan akan terjadi. Tantangan global mengakibatkan pabrik Hankook di China kesulitan melakukan ekspor ke pasar Amerika, sehingga ada masalah perekonomian yang dihadapi Hankook.

Apalagi Hankook masih belum menemukan pasar baru, padahal jika penambahan pabrik tetap dilakukan maka pasar baru diperlukan untuk menyerap produknya. Sejauh ini produk Hankook Indonesia sebagian besar masih menyasar pasar ekspor.

Pada tahun 2018 komposisi produk dari pabrik Indonesia yang diserap oleh pasar lokal hanya sebesar 8%. Sedangkan sisanya diserap oleh pasar ekspor. Berikut merupakan penjualan ban Hankook secara global: Amerika Utara dan Selatan (44,3%), Timur Tengah (21,5%), Eropa (21,4%), Indonesia (8%), Afrika (2,6%), dan Korea (0,2%).

Secara keseluruhan Hankook merencanakan lima tahapan investasi di Indonesia, dengan total nilai US$ 1,1 miliar dan target kapasitas produksi 20 juta per tahun. Tahapan yang terealisasi baru mencapai tahap ke dua dengan kapasitas produksi 12 juta per tahun dan total investasi US$ 650 juta. Hingga saat ini utilisasi pabrik sudah mencapai 94,6% dengan jumlah produksi per tahunnya 11,36 juta unit.

Hingga sekarang produk ban yang diproduksi pabrik Hankook Indonesia merupakan kendaraan penumpang yang digolongkan menjadi Standar Performance (SP), High Performance (HP), Ultra Hight Performance (UHP), LTR SUV (LS), dan LTR Van (LV). Jika pabrik ketiga terealisasi, maka untuk pertama kalinya PT Hankook Tire Indonesia memproduksi TBR yang selama ini masih diimpor dari pabrik di China.

About Post Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *