Tue. Oct 27th, 2020

WARTAKADIN

Kabupaten Bekasi

AIESEC President University Gelar Global Village Bersama Delegasi 16 Negara

2 min read

Memang AIESEC di President University tidak pernah setengah-setengah dalam mengadakan sebuah event. Setiap kegiatan yang dilakukan pasti saja mengundang perhatian dari setiap masyarakat. Pada tanggal 5 Agustus 2019 benar saja AIESEC di President University mengadakan sebuah event besar yang bernama “Global Village”. Terlihat dari namanya, acara yang diadakan diikuti oleh berbagai delegasi global dari berbagai belahan dunia. Kali ini, Global Village diikuti oleh para sukarelawan dari 16 negara dengan total individu lebih dari 30 orang. Para delegasi tersebut berasal dari negara-negara seperti India, Vietnam, Cina, Algeria, Thailand, Kamboja, Estonia, Perancis, Kanada, Taiwan, Hongkong, Inggris, Korea Selatan, Mesir, Lebanon, dan Moroko.

Global Village dilaksanakan pada pukul 1 siang hingga 4 sore yang bertempat di President University Convention Center. Terlihat dari betapa seru dan besarnya acara yang dilaksanakan, benar saja, Global Village diikuti oleh lebih dari 1000 peserta. Freshmen atau mahasiswa baru President University pun turut serta meramaikan acara Global Village oleh AIESEC President University bersama para sukarelawan ini.

Global Village atau yang sering disingkat menjadi GlobVil ini sebenarnya merupakan sebuah acara cross-cultural event yang menghadirkan berbagai kebudayaan dari banyak negara di dunia.

Global Village ini juga merupakan acara tengah proyek yang dihadiri oleh exchange participant dari program sukarelawan Global Volunteer AIESEC in President University pada proyek sosial Morning Sunshine 4.0 tentang SDG #14, “Kehidupan Bawah Air,” bersama Divers Clean Action dan Greenpeace Indonesia dan juga Entrepreneur Millennials yaitu proyek mengenai SDG #8, “Pekerjaan Yang Baik Dan Pertumbuhan Ekonomi,” bersama Fakta Bahasa Bekasi, Youth IGF Indonesia, HIPMI PT Bekasi Raya, IMSC, HEI-Space, Nutrifood dan partner-partner lainnya, selama 6 minggu.

Tak heran banyak sekali kegiatan yang dilakukan pada Global Village ini. Kegiatan yang dilakukan pada Global Village selama 3 jam ini dimulai dengan mendengarkan sambutan-sambutan dari orang-orang yang memiliki dalam pelaksanaan Global Village ini seperti contohnya Local Committee President (LCP) AIESEC President University, Organizing Committee President (OCP) dari Global Village, ada juga kata sambutan dari International Student Affair President University, serta perwakilan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bekasi. Acara juga dilanjutkan dengan memanggil para delegasi dari berbagai negara yang disebut dengan roll call exchange participant.

Acara GlobVil tidak berhenti sampai disitu, ada juga flashmob dan penampilan tari dari SMAN 2 Tambun Selatan. Acara dilanjutkan dengan penampilan dari para delegasi negara-negara ini yang dikarenakan serunya acara, banyak sekali peserta ikut serta dalam tari-tarian yang dibawakan. Tak lupa, disetiap acara AIESEC President University akan selalu ada yang dinamakan “Roll Dance” atau tarian khas AIESEC untuk menambah semangat para peserta.

Global Village tidak hanya menyuguhkan berbagai penampilan untuk disaksikan layaknya culture celebration festival biasanya, namun banyak juga bazzar makanan dan stand jualan yang dapat dibeli oleh para peserta, akan tetapi sesuai dengan proyek sosial yang dilaksanakan dan tujuan AIESEC yang juga mendukung 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Develpoment Goals (SDGs) dari PBB, AIESEC juga tidak pernah lupa untuk tetap mendukung kelestarian lingkungan dengan menghimbau para peserta untuk membawa botol air tidak sekali pakai agar tidak memperbanyak sampah plastik yang berbahaya.

Dengan ini, AIESEC President University berharap agar lebih banyak lagi masyarakat Indonesia yang lebih peduli dengan hal-hal yang terjadi dengan lingkungan kita serta melalui GlobVil ini seluruh masyarakat dapat mengerti indahnya perbedaan dan pertukaran antar budaya dan tetap menghormati satu dengan lainnya dengan membangun pola pikir yang Bhineka Tunggal Ika dan bersifat, “Global Citizen,” demi mencapai visi AIESEC Indonesia bahwa, “Indonesia is A Home.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *