Ming. Sep 25th, 2022

WARTAKADIN

Kabupaten Bekasi

APINDO Kendal Diminta Bersinergi Dengan Pemkab Kendal Untuk Atasi Pengangguran 

2 min read

Kendal, wartakadin. Pengurus harian DPK APINDO Kendal Periode 2022 – 2027 dilantik oleh Ketua DPD APINDO Jawa Tengah Frans Kongi di ruang meeting PT. Kayu Lapis Kaliwungu Kendal pada hari ini, Rabu (27/7/2022).

Program kerja yang harus dipersiapkan APINDO Kendal periode ini berbeda dengan sebelumnya yang harus tanggap terhadap perkembangan industri dan tuntutan masyarakat Kendal yang masih terjebak dalam kondisi minimnya peluang kerja. Hal ini yang membuat angka kemiskinan Kendal lebih tinggi dari rata-rata kemiskinan di Jawa Tengah.

Menurut data dari Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Kendal , angka pengangguran di Kabupaten Kendal naik akibat pasca Covid -19 tahun 2019 mencapai 30.800 lebih menjadi 40.300 orang di akhir tahun 2021.

Seperti disampaikan Kepala Dinas Perinaker Kab.Kendal Cicik Sulastri dalam upaya mengatasi, butuh inovasi dan trobosan untuk percepatan penurunan tingkat pengangguran terbuka Kendal saat ini ada di posisi 7,55 persen lebih tinggi diatas rata-rata provinsi Jawa Tengah 5,59 persen.

Lanjut dikatakan, perlu ada trobosan dan kerjasama dengan beberapa kementerian dengan harapan calon tenaga kerja bisa difasilitasi oleh Pemerintah dengan berbagai macam pelatihan untuk memenuhi persyaratan kerja.

Cicik Sulastri mewakili Bupati Kendal dalam acara pelantikan APINDO Kendal itu juga paparkan, kebutuhan tenaga kerja di KIK tahun ini sekitar 8.800 orang yang membutuhkan ikhtiar bersama.

Sementara pengusaha Kendal yang tergabung di wadah APINDO Kendal baru 30 pengusaha. Padahal di Kendal sudah ada 300 an perusahaan. “Harapannya minimal 100 perusahaan, untuk langkah awal APINDO Kendal periode ini perlu inventarisir dulu keanggotaannya,” demikian tutur Benedictus Bolu, ketua APINDO Kendal Periode 2022 – 2027.

Dengan kondisi Kendal yang masih menghadapi masalah tingginya pengangguran, APINDO Kendal ungkap Benedictus Bolu akan berkoordinasi dengan para pengusaha di Kendal untuk menyampaikan informasi kebutuhan tenaga kerja ke dinas terkait.

Dalam sambutan Bupati Kendal Dico M Ganinduto berharap kepada Pengurus APINDO Kendal yang baru untuk berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah Kendal dalam penyerapan tenaga kerja.

“Bilamana perlu, bisa menyiapkan tenaga kerja dengan selenggarakan pelatihan secara mandiri dari perusahaan hingga target penyiapan tenaga kerja terpenuhi sesuai dengan kebutuhan perusahaan,” pinta bupati Kendal. Sriyanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos-pos Terbaru