Fri. May 7th, 2021

WARTAKADIN

Kabupaten Bekasi

Bangun Pagar Hidup 100% Bebas Narkoba Di Kabupaten Kendal

2 min read

Kendal, wartakadin. Upaya pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN) di Kabupaten Kendal pada tahun 2020 telah mengungkap 1 kasus yang menghadirkan 3 tersangka dengan barang bukti 101,74 gram narkotika jenis sabu.

Hal ini tidak lepas dari kerja keras aparat BNN yang didukung semua elemen di Kabupaten Kendal untuk bersinergi, berkolaborasi yang menggelorakan semangat anti narkoba di setiap desa, kecamatan di Kabupaten Kendal.

Kepala BNN Kab. Kendal Anna Setiyawati S.Sos, MM dalam Press Release sampaikan bahwa kejahatan narkoba merupakan kejahatan extraordinary yang menjadi concern seluruh negara di dunia. Karena narkoba dapat merusak satu generasi bangsa dan suatu negara. Dalam situasi Pandemi Covid 19 perlu diwaspadai munculnya modus baru peredaran gelap narkoba di dunia termasuk salah satunya dalam wilayah Kabupaten Kendal.

Dalam langkah pencegahan, BNN Kendal lakukan sosialisasi narkoba kepada 66.352 orang. Melalui tolkshow 90 orang, Pagelaran Seni, Peringatan HANI, Pasca Kampanye dan media insert konten sebanyak 40 orang. Pemanfaatan media cetak sebanyak 50.000 orang. Liputan streaming radio lokal 50.000 orang. Selebaran informasi P4GN sebanyak 222.217 orang terdiri dari pemanfaatan media luar ruang, branding sarana publik selain manfaatkan media online. Dan selama masa Pandemi Covid 19 juga penyuluhan keliling.

Juga laksanakan program Desa/Kelurahan Bersinar (Bersih Narkoba) yang menetapkan 10 Desa Bersinar dan 20 Kelurahan Bersinar di Kabupaten Kendal.

Melalui pemberdayaan masyarakat BNNK Kendal telah membentuk relawan anti narkoba 30 orang dan pegiat anti narkoba 80 orang. Juga program Pembangunan Berwawasan Anti Narkoba (Bang Wawan) yang meliputi lingkungan Pemerintah, Swasta, Masyarakat dan Pendidikan guna mewujudkan lingkungan anti penyalahgunaan narkoba. BNNK Kendal juga lakukan tes urin sebanyak 293 orang di instansi Pemerintah, Swasta, Masyarakat dan Pendidikan.

Kepada wartawan di kantor BNN Kab. Kendal hari ini (29/12/2020), Anna Setiyawati sampaikan, kerja keras lembaganya satu tahun ini hasilkan capaian penyerapan anggaran di atas 99% dari target yang ditetapkan yaitu 112% dengan raih penghargaan “Taman Pengetahuan Anti Narkoba”

Oleh Pemerintah Kabupaten Kendal ditetapkan sebagai RTH Inovasi dan Pelestarian Genetik sedang diusulkan ke Pemprov Jateng. Selain BNN Kab. Kendal juga raih prestasi sebagai Satker terbaik peringkat 2 katagori Pagi DIPA dibawah Rp 5 milyar dan Pagu Belanja Barang di atas Rp 50 juta serta apresiasi pencapaian penetapan status penggunaan Barang Milik Negara 100%. (Sriyanto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *