April 22, 2024

WARTAKADIN

Kabupaten Bekasi

Bangun Rumah Sehat Baznas Untuk Melayani Pengobatan Gratis Warga Miskin Di Kendal

2 min read

Kendal, wartakadin.com. Guna meningkatkan kesehatan warga kurang mampu di wilayah kabupaten Kendal, BAZNAS mendirikan Rumah Sehat Baznas (RSB) di desa Kebumen Sukorejo Kabupaten Kendal.

Pembangunan RSB ini dibiayai oleh BAZNAS RI pada tahap awal sebesar Rp 1,8 miliar. Dan dari BAZNAS Kendal Rp 1 miliar atau total Rp 2,8 miliar pada hari Selasa (17/10/2023) dilakukan peletakan batu pertama yang direncanakan selesai dalam waktu 3 bulan kedepan.

Rumah Sehat tersebut merupakan hasil kerjasama antara BAZNAS RI dengan BAZNAS Kabupaten Kendal serta Pemerintah Kabupaten Kendal untuk memberikan pelayanan kesehatan gratis bagi masyarakat yang kurang mampu.

Lokasi untuk pembangunan RSB seluas 2000 meter dipilih di Desa Kebumen Sukorejo, karena di wilayah tersebut angka kemiskinan dan stunting lebih tinggi daripada di daerah lain di Kabupaten Kendal.

Hal ini seperti dikatakan Wakil Ketua BAZNAS RI, Muhammad Mahdun saat melakukan peletakan batu pertama yang didampingi Ketua BAZNAS Kendal Dr Syamsul Huda, Ketua DPRD Kendal H. Muhammad Makmun, Ketua MUI Kendal Drs. KH. Asro’i Thohir, M.Pd juga dihadiri Ketua BAZNAS Provinsi Jawa Tengah Dr KH.Ahmad Daroji, M.Si dan Asisten Pemerintahan Kendal HM. Noor Fauzie ST.MT mewakili Bupati Kendal Dico M Ganinduto.

Mahdum mengatakan, BAZNAS yang memiliki dana dari kumpulan para pejabat dan ASN untuk membantu masyarakat kurang mampu seperti layanan kesehatan untuk mencegah potensi kemiskinan baru karena ketidakmampuan dalam pembiayaan kesehatan.

Selanjutnya dikatakan, Rumah Sehat BAZNAS Kendal yang akan dibangun ini merupakan Klinik Rawat Inap yang terdiri dua lantai. “BAZNAS ingin memberikan kenyamanan kepada siapa saja yang berobat disini,” terang Mahdum.

Seperti RSB lainnya yang sudah berdiri, Mahdum menuturkan, disini selain pengobatan gratis kepada pasien juga diberikan vitamin dan penyuluhan kesehatan, pendampingan, vaksinasi dan skrining penyakit.

Dalam kesempatan itu Mahdum berharap, Rumah Sehat BAZNAS dapat berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Kendal untuk bersama-sama mensukseskan program kesehatan di Kendal.

Ketua BAZNAS Kendal, Syamsul Huda menambahkan, RSB yang dibangun di Desa Kebumen ini diharapkan menjadi fasilitas kesehatan tingkat Pratama untuk membantu masyarakat pengguna BPJS maupun umum untuk mendapatkan layanan kesehatan.

Sementara itu, Asisten Pemerintah Kendal, HM. Noor Fauzie menyampaikan rasa syukur dan ucapan terima kasih kepada BAZNAS RI yang telah membantu dana senilai Rp 1,8 miliar untuk pembangunan RSB Kendal di Desa Kebumen Sukorejo.

Noor Fauzie berharap, pembangunan RSB Kendal ini berjalan lancar dan segera selesai tepat waktu untuk meningkatkan pelayanan kesehatan khususnya bagi masyarakat Kendal. Sriyanto

About Post Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *