Kam. Sep 23rd, 2021

WARTAKADIN

Kabupaten Bekasi

Bentuk Forum Pengusaha Kendal Untuk Saling Bersinergi Dan Berkolaborasi

2 min read

Kendal, wartakadin. Dalam waktu dekat di Kabupaten Kendal akan dibentuk Forum Pengusaha Kendal yang mewadahi para pengusaha hotel, restoran, UKM, IKM menyikapi kondisi saat ini telah terjadi kelesuan ekonomi akibat Pandemi Covid -19 yang memberlakukan pembatasan dan ruang gerak mereka.

 

Pembentukan Forum Pengusaha Kendal (FPK) ini dimotori oleh Syamsunar seorang pengusaha bergerak dalam penyediaan kerangka untuk bangunan khusus dari plastik sintetik (Unplasticized Poly Vinyl Choride).

Embrio FPK oleh Syamsunar dituturkan melalui komunikasi antar pelaku usaha di Kendal dengan melakukan pertemuan dua kali. Dan yang ketiga kalinya untuk membentuk susunan pengurus FPK agar bisa bergerak dan lakukan kegiatan sesuai dengan visi dan misinya. Ungkap Syamsunar yang ditemui wartakadin.com di pertemuan kedua di rumah ibu Rahayu Patukan RT. 02/RW. 08 Ngareanak Kecamatan Singorojo Kendal kemarin sore (27/8/2021).

Adapun latar belakang yang mendorong dibentuknya Forum Pengusaha Kendal, karena melihat lembaga ekonomi maupun dinas yang membidangi industri, pariwisata dan UMKM belum maksimal menghasilkan kebijakan yang membawa perubahan yang positif khususnya bagi perkembangan ekonomi di kabupaten Kendal.

Syamsunar sebagai pengusaha yang beraktivitas di Kendal merasa tergerak melihat kondisi seperti itu. Katanya, secara pribadi sudah melangkah lakukan terobosan ke Kementerian Perindustrian untuk mengusulkan IKM Kendal untuk mendapatkan Sertifikat TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri). Selain itu, sudah lakukan pertemuan dengan bupati, wakil bupati dan ketua DPRD Kendal dalam misi dan kegiatan untuk peningkatan SDM Pelaku UMKM agar naik kelas.

Selain yang sudah dilakukannya menghimbau kepada para pengusaha Kendal untuk membangun otlet produk UMKM di ruang kerjanya. Hal ini disampaikan, mengingat pengusaha itu memiliki kolega dan jaringan yang cukup luas. Apabila setiap tamu yang datang di kantornya dengan melihat tampilan produk UMKM Kendal bisa melihat, tertarik syukur membelinya untuk sebagai oleh-oleh atau sauvenir.

Yang selama ini dilihat, ungkap Syamsunar, produk UMKM Kendal belum banyak dikenal dan tak terlihat nyata seperti kota dan kabupaten lain yang sudah memiliki ikon dan pusat kuliner serta produk UMKM.

Untuk mendorong mereka tetap eksis, maju dan berkembang meski tanpa sentuhan dan dorongan Pemerintah setempat, visi dan misi Forum Pengusaha Kendal yang akan dibentuk diharapkan bisa membawa perubahan iklim usaha di Kendal lebih baik dan dinamis.

Tentunya dalam kepengurusan FPK ini, tutur Syamsunar untuk diisi oleh figur pengusaha yang berdedikasi, loyal dan memiliki kesamaan visi seperti yang diinginkan para pendiri dan penggagas FPK. “Selamat berjuang untuk membawa perubahan ekonomi Kendal kedepan,” demikian harapan FPK yang diwakili Syamsunar disampaikan melalui wartakadin.com. Sriyanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *