Sat. Oct 24th, 2020

WARTAKADIN

Kabupaten Bekasi

BPPT Dan ITSB Teliti Aplikasi Enzim dan Mikroba Untuk Pengolahan Limbah Industri Kertas

1 min read

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) jalin kerja sama dengan Teknologi Sains Bandung (ITSB) terkait penelitian aplikasi enzim dan mikroba untuk Pengolahan limbah industri Pulp and Kertas, Cikarang (11/09/19).

Deputi Bidang Teknologi Agroindustri dan Bioteknologi (TAB) BPPT, Soni Solistia Wirawan, menyampaikan bahwa BPPT melalui Pusat Teknologi Bioindustri (PTB) telah mengembangkan teknologi produksi enzim untuk pulp dan kertas yang siap dialih teknologikan ke industri.

Soni menilai kerjasama ini sangat penting, mengingat saat ini adanya pergeseran atau perubahan signifikan orientasi industri di tanah air dari Bussiness as Usual menjadi Green Bussiness atau Industri Hijau.

“Ini merupakan komitmen Indonesia atas ditandatanganinya Manila Declaration on Green Industry di Filipina, tahun 2009 serta Petajalan Pembangunan Hijau yang telah dilaunching Bappenas sejak tahun 2015,” ujar Soni.

Sementara itu, Rektor ITSB Ari Darmawan mengatakan, dari kerja sama ini dapat diperoleh formula enzim ataupun mikroba yang mampu meningkatkan efisiensi proses dan atau meningkatkan kualitas produk, proses produksi pulp dan kertas, serta pengolahan limbah di industri pulp dan kertas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *