Mon. Oct 26th, 2020

WARTAKADIN

Kabupaten Bekasi

BPS Sinergikan Satu Data Perkebunan Indonesia

1 min read

Polemik data beberapa komoditas strategis perkebunan seringkali dikeluhkan banyak pihak. Data produksi dan luas lahan komoditas sawit misalnya, memicu saling curiga antara pelaku usaha dan pemerintah.

Permasalahan itulah yang coba diurai BPS melalui workshop perusahaan perkebunan dengan tema “Sinergi Menuju Satu Data Perkebunan Indonesia”

Acara dibuka Deputi Bidang Statistik Produksi BPS, M. Habibullah dihadiri oleh Sekretaris Dirjen Perkebunan Kementan, Antarjo Dikin, perwakilan dari berbagai asosiasi, perusahaan perkebunan, dewan komoditas, serta unsur k/l yang terkait dengan perkebunan di Indonesia.

Antarjo Dikin berharap kerja sama yang akan dibuat dapat dimonitor secara real-time. Ia juga mengaku bahwa selama ini tantangan pada Kementan salah satunya adalah belum terjalinnya satu data dan satu peta perkebunan di Indonesia.

Sementara itu, Fransiscus Welirang, Direktur Indofood yang hadir mengapresiasi langkah BPS. “Indonesia luas. Produksi di Sulawesi, kebutuhan di Medan, penting mengetahui produksi, distribusi, konsumsi, dan subsidi yang diberikan oleh pemerintah. Satu data. Kalau nggak konsumen nangis,” ujarnya.

Sumber : @bps_statistics

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *