Sat. Oct 24th, 2020

WARTAKADIN

Kabupaten Bekasi

Bupati Bekasi Serius Kurangi Pengangguran Masyarakat Lokal

1 min read

Persoalan tenaga kerja lokal menjadi skala prioritas Bupati Eka Supria Atmaja. Untuk itu melalui Peraturan Bupati nomor 9 tahun 2019, Bupati terus road show ke kawasan industri. Dan kini mulai menampakkan hasilnya.

Disnaker Kabupaten Bekasi mencatat ada 1.937 lowongan kerja yang disediakan perusahaan khusus untuk warga lokal. Peluang kerja itu didapat dari hasil kunjungan langsung ke sejumlah perusahaan di empat kawasan industri besar. Keempat kawasan industri tersebut, yakni kawasan Megalopolis Manunggal 2100 (MM2100) berjumlah 523 lowongan, Deltamas serta Greenland International Industrial Center sebanyak 182 lowongan, serta East Jakarta Industrial Center (EJIP) sebanyak 1.232 lowongan.

Disnaker yakin jumlah lowongan kerja akan terus bertambah seiring dengan diteruskannya kunjungan langsung ke perusahaan. Kunjungan dilakukan sekaligus untuk mensosialisasikan Peraturan Bupati nomor 9 tahun 2019 yang berisikan tentang dorongan untuk memberi ruang bagi tenaga kerja lokal.

Kepala Dinas Tenaga Kerja, Edi Rochyadi, mengungkapkan,“Ini memang salah satunya program dari empat prioritas pemerintah saat ini. Pertama kesehatan kemudian pendidikan, infrastruktur lalu tenaga kerja. Dan dari prioritas itu, untuk tenaga kerja terus dilakukan.”

Lebih lanjut disampaikan, Disnaker dalam hal ini juga turut menindaklanjuti teknis penerimaan. Disnaker telah memanggil sejumlah perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja Kabupaten Bekasi. Dari hasil pertemuan itu, Disnaker menawarkan dua opsi untuk perekrutan tenaga kerja lokal.
– Opsi pertama yakni perekrutan dilakukan fasilitasi oleh pemerintah, baik sarana maupun pra sarana. Perusahaan tinggal menentukan jumlah tenaga kerja beserta spesifikasi yang dibutuhkan.
– Opsi kedua yakni perekrutan dilakukan oleh perusahaan masing-masing namun wajib dikoordinasikan dengan pemerintah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *