Kam. Sep 23rd, 2021

WARTAKADIN

Kabupaten Bekasi

Bupati Dico Panen Perdana Umbi Porang Desa Sidomakmur

2 min read

Kendal, wartakadin. Menanam Porang saat ini sedang menjamur. Tetapi setelah panen perlu ada standar harga jual agar petani mendapatkan untung seperti yang diharapkan.

Di Desa Sidomakmur Kecamatan Kaliwungu Selatan Kabupaten Kendal, umbi Porang giat ditanam petani diatas lahan milik Perhutani Kendal seluas 8 hektar yang tergabung dalam Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Mekar Jaya Sido Makmur.

Bupati Kendal Dico M Gsninduto pada hari Senin (14/6/2021) ke desa Sidomakmur untuk lakukan panen perdana Umbi Porang bertujuan untuk mendorong petani lebih giat lagi tanam umbi Porang dan melihat kesulitan apa yang dihadapi petani Porang desa Sidomakmur.

Sementara anggota DPR RI Komisi X DR. Mujib Rochmad yang ikut mendampingi bupati Kendal meminta agar umbi Porang bisa jadi andalan petani di wilayah Perhutani Kendal. Untuk itu, bupati perlu support dalam pembibitan, produksi dan pemasarannya.
Hal senada juga disampaikan oleh Ketua DPRD Kabupaten Kendal H. Ma’mun, perihal biaya produksi tanam umbi Porang butuh sengkutung masyarakat. “Perlu pula standard harga biar tidak anjlok saat panen,” tambah Ma’mun.

Kepala Desa Sidomakmur Bambang Sukaryono sebagai bapaknya petani Porang akan terus berjuang agar umbi Porang ini bisa dinikmati hasilnya bagi petani dan warga desa. Yakni melalui aktivitas produksi umbi Porang dalam bentuk ceep. Dimana dari ceep ini bisa dikemas yang siap dijual yang masih butuh mesin perajang yang saat ini baru memiliki satu mesin buatan SMK setempat.

Selain itu, saat ini masih butuh akses jalan untuk menuju ke Kecamatan Ampel sepanjang 5 KM untuk dibangunkan yang memohon kepada bupati Kendal bisa dicover lewat APBD Kabupaten Kendal.

“Umbi Porang kedepan bisa jadi jenis makanan baru di Kendal yang butuh pengembangan lahan akan disediakan Perhutani Kendal,” jelas Adm Perhutani Kendal Widodo.

“Kedepan, akan diperluas menjadi 12 hektar melalui kerjasama antara Perhutani Kendal dengan Pemerintah Desa Sidomakmur untuk membina petani umbi Porang lebih berkembang produksinya,” tambahnya.

Ikut hadir dalam panen perdana Umbi Porang desa Sidomakmur, antara lain : Kadis Pertanian, Perkebunan Dan Ketahanan Pangan Kabupaten Kendal Ir. Sucipto, Anggota DPRD Kab. Kendal Komisi B Syarif Hidayatullah, Camat Kaliwungu Selatan, Forkompimcam dan Tokoh Masyarakat Setempat. (Sriyanto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *