Fri. Oct 30th, 2020

WARTAKADIN

Kabupaten Bekasi

CAEXPO 2019 Pintu Indonesia Tingkatkan Kerja Sama Perdagangan dan Investasi

2 min read

Indonesia melalui Kementerian Perdagangan berkomitmen meningkatkan kerja sama perdagangan dan investasi dengan China dan negara ASEAN lainnya. Hal itu diungkapkan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan didampingi oleh Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita saat pembukaan pameran China-ASEAN Expo (CAEXPO) ke-16 yang berlangsung pada 21–24 September di The Nanning International Convention and Exhibition Center, Nanning, China.

“Hadirnya Indonesia pada CAEXPO di Nanning ini menjadi komitmen kami untuk menjalin kerja sama perdagangan dan investasi dengan Tiongkok dan negara ASEAN lainnya,” jelas Menko Luhut yang sekaligus menjadi Ketua Delegasi Indonesia pada CAEXPO 2019.

Hadir dalam acara tersebut Wakil Perdana Menteri Dewan Negara Hang Zheng, perwakilan negara Polandia sebagai negara tamu dan perwakilan pemerintah serta pelaku bisnis negara-negara China dan ASEAN termasuk Indonesia.

Tahun ini, Indonesia menghadirkan dua paviliun, yaitu Paviliun Komoditi dan Paviliun Nasional (City of Charm). Paviliun Komoditi Indonesia berlokasi di Hall D5 dengan luas 2.910 m2. Produk-produk yang ditampilkan dikelompokkan menjadi 5 kategori yaitu barang konsumsi; makanan dan minuman; fesyen, aksesori dan perhiasan; dekorasi rumah; dan furnitur.

Sedangkan, Paviliun Nasional Indonesia (City of Charm) tahun ini berada pada posisi nomor satu di Hall City of Charm dengan luas 304 m2. Paviliun Nasional Indonesia (City of Charm) menampilkan konsep Rumah Sawit Indonesia yang akan menampilkan produk sawit dari hulu ke hilir.

Menurut Mendag, menegaskan kembali pernyataan Menko Luhut, melalui CAEXPO, hubungan kerja sama ASEAN dan China dapat terjalin lebih erat yang dapat dimanifestasikan dalam bentuk forum bisnis. “Forum bisnis dapat membuka lebih banyak peluang perdagangan dan investasi antara China dan negara anggota ASEAN,” tandas Mendag.

Mendag juga mengajak para pebisnis China untuk bekerja sama dengan Indonesia. “Kami mengundang para pelaku usaha China untuk berinvestasi di Indonesia,” kata Mendag.

Sehari sebelum pembukaan CAEXPO 2019, Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Dody Edward membuka Paviliun Komoditas Indonesia. Paviliun Komoditas Indonesia tahun ini diikuti oleh 111 perusahaan dan Usaha Kecil Menengah (UKM). Perusahaan-perusahaan tersebut mengisi 104 buah stan yang telah disediakan. Sedangkan, 3 buah stan dengan desain spesial diisi oleh Kapal Api, APP Sinar Mas, dan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS).

Sumber: kemendag.go.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *