April 22, 2024

WARTAKADIN

Kabupaten Bekasi

Calon Kades Tandatangani Pakta Integritas, Pilkades Di Kecamatan Limbangan Dijamin Kondusif, Aman dan Terkendali

2 min read

Kendal, wartakadin.com Pelaksanaan Pilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak di Kabupaten Kendal tinggal beberapa hari lagi. Tetapi selama dalam pantauan wartakadin.com di lapangan terlihat adem-adem saja. Artinya, tidak didapati adanya konflik antar pendukung calon kepala desa. Hal ini menyiratkan, bahwa masyarakat desa responnya terhadap pilihan kepala desa sudah sangat positif dan dewasa dalam memilih figur yang dianggapnya bisa membawa perubahan dan kemajuan desanya.

Meski tidak dipungkiri, dalam proses pelaksanaan pilihan kepala desa itu tak terlepas dari faktor yang dinamakan perangsang itu perlu untuk mendapatkan suara masyarakat. Tetapi, hal ini telah ditepis dan diantisipasi dengan membuat kesepakatan untuk tidak melakukan kecurangan, black kampanye dan money politic di pelaksanaan Pilkades di wilayah kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal.

Penandatanganan pakta Integritas para calon kepala desa di wilayah Kecamatan Limbangan ini diikuti 14 calon kepala desa mewakili desa Gonoharjo, Tabet, Tambahsari, Kedungboto dan Margosari yang dilakukan di aula kecamatan Limbangan atas undangan Camat Limbangan Alfebian Yulando dan Forkopimcam Limbangan pada hari Jumat (14/10/2022).

Camat Limbangan Alfebian Yulando kepada wartakadin.com jelaskan, para calon kepala desa sebelum mengikuti acara penandatanganan pakta Integritas, sebelumnya sudah mengikuti sidang pleno dengan P2KD untuk penetapan dan pengambilan nomor urut di kantor desanya masing-masing.

Disampaikan pula tujuan penandatanganan pakta Integritas calon kepala desa khususnya di wilayah kecamatan Limbangan untuk menciptakan Pilkades damai, kondusif, tanpa praktek money politic dan black kampanye.

Adapun untuk mengawal pelaksanaan pakta integritas, dikatakan Camat Limbangan, di wilayah desa yang selenggarakan Pilkades ditempatkan petugas baik dari unsur kecamatan, anggota Polsek dan Koramil untuk melaporkan jalannya pelaksanaan Pilkades ke kantor Kecamatan Limbangan, dimana Camat, Kapolsek dan Danramil standbay monitoring dan menerima pelaporan hasil Pilkades.

Sementara dalam sambutan Kapolsek Limbangan AKP Rasban SH berpesan kepada calon kontestan kepala desa, bahwa pilihan ini untuk mencari satu kepala desa. “Paling utama, bagi peserta harus berani siap kalah, legowo dan mawas diri. Bagi yang menang, harus mau menghormati yang kalah,” tegasnya.

Harapannya dikatakan, Pilkades di wilayah Kecamatan Limbangan berjalan aman, dan menghasilkan kepala desa yang bagus. “Bisa menciptakan aman dan kondusif, sangat tergantung dari para peserta Pilkades itu sendiri,” imbuhnya.

Disampaikan pula, dalam penciptaan Pilkades damai, aman dan kondusif juga dibutuhkan peran tokoh-tokoh desa yang mampu meredam dan membuat sejuk dalam saat pencoblosan dan pasca Pilkades hingga penetapan calon pemenang Pilkades.

Calon kepala desa Tambahsari Setiyawan saat ditemui wartakadin.com menyampaikan setuju dengan prakarsa Pemerintah Kecamatan Limbangan untuk menciptakan Pilkades Damai di wilayah kecamatan Limbangan.

Pernyataan senada juga disampaikan oleh calon kades Margosari Sri Joko Triyono yang menambahkan, kepada sesama calon janganlah saling mencari kelemahan dan kekurangan secara pribadi untuk bahan kampanye. “Masyarakat pemilih perlu dicerdaskan melalui penyampaian visi-misi dan program dari calon kades,” himbaunya. Sriyanto

About Post Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *