April 23, 2024

WARTAKADIN

Kabupaten Bekasi

Carnaval Dalam Rangka HUT Kemerdekaan RI Ke -78 Kecamatan Kaliwungu Selatan Akan Dievaluasi, Para Kades Mengawal Dengan Menaiki Jeep Off-Road

3 min read

Kendal, wartakadin.com Kegiatan carnaval di tingkat kecamatan di Kabupaten Kendal menjadi tontonan dan hiburan masyarakat dalam memeriahkan HUT Kemerdekaan RI Ke-78. Diantaranya, carnaval di tingkat kecamatan Kaliwungu Selatan yang diikuti peserta dari sekolah tingkat PAUD, TK, SD, SLTP hingga SLTA dan umum yang mengambil start dari Perum. Delta Asri Darupono hingga finish di Panggung Kehormatan depan kantor Kecamatan Kaliwungu Selatan pada Kamis (24/08/2023).

Kegiatan ini dijelaskan oleh Camat Kaliwungu Selatan, Sugiarto bahwa carnaval diselenggarakan untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI Ke-78 yang pernah berhenti selama dua tahun karena adanya Covid -19. Peserta carnaval berkumpul dari dalam kawasan Perum. Delta Asri berjalan menuju Panggung Kehormatan di Kantor Kecamatan Kaliwungu Selatan yang dimulai dari jam 12.30 wib hingga selesai pukul 18.00 wib.

Carnaval menampilkan peserta per kelompok berasal dari sekolah dari tingkat PAUD, TK, SD, SLTP, SLTA, peserta umum dan dari pemerintahan desa yang menampilkan kreasi seni, mobil hias, koreografi, busana wayang, drum band, singo barong dan kuda lumping.

Sementara dari hasil pantauan wartakadin.com terkait penyelenggaraan carnaval ini, sempat menjumpai warga Perum. Delta Asri yang terjebak tidak bisa pulang ke rumah karena dua jalur yang menjadi pintu masuk ke perumahan sudah dipenuhi peserta carnaval. Meski katanya sudah ada rambu-rambu lalu lintas pemberitahuan adanya carnaval.

“Rambu-rambu pemberitahuan seharusnya dipasang agak jauh dari lokasi carnaval atau paling tidak dipasang di depan kantor desa Protomulyo, sehingga kami akan menunggu carnaval selesai dan tidak terjebak didekat lokasi start carnaval hari ini,” usulnya dari pelintas jalan yang tidak mau menyebutkan jatidirinya.

Peserta carnaval berhenti di panggung kehormatan di depan kantor Kecamatan Kaliwungu Selatan, terlihat di jalan Pangeran Juminah penuh oleh masyarakat yang menyaksikan carnaval maupun peserta carnaval. Pengaturan lalu lintas sudah disiapkan petugas yang menjaga di perempatan jalan Darupono agar pelintas jalan dari arah Boja yang menunju ke Kaliwungu atau ke Kendal bisa membelok ke kanan untuk melewati jalur alternatif Darupono – Podorejo kearah Pasar Mangkang hingga ke arah Barat menuju Kaliwungu atau Kendal Kota.

Camat Kaliwungu Selatan Sugiarto saat dikonfirmasi wartakadin.com usai carnaval menjelaskan bahwa untuk mengatasi kemacetan arus lalu lintas selama carnaval berlangsung sudah dipersiapkan melalui rapat antar sektoral. “Untuk penggunaan lokasi kawasan Perum Delta Asri Darupono juga sudah meminta ijin dengan pihak Pengelola dan rapat RT dan RW untuk meminjam lokasi selama carnaval berlangsung,” tuturnya.

Carnaval hari ini berjalan lancar dan tertib, Camat Sugiarto sebagai penyelenggara menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dan telah memberikan dukungan dan partisipasinya. Juga sampaikan ucapan permohonan maaf apabila dalam penyelenggaraan carnaval dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI tahun 2023 masih terdapat kekurangan.

“Penyelenggaraan carnaval tahun ini akan kami evaluasi untuk kedepan bisa lebih baik lagi dan bisa memuaskan kepada semua pihak dan memberikan dorongan masyarakat lebih berpartisipasi dalam pembangunan dan peningkatan ekonomi masyarakat khususnya di wilayah Kaliwungu Selatan,” akunya.

Ketua Paguyuban Kepala Desa Kaliwungu Selatan, Jumarno mengungkapkan rasa kegembiraannya dengan terlaksananya carnaval tingkat kecamatan Kaliwungu Selatan. Dikatakan, dengan bapak camat yang baru dan kantor kecamatan yang baru pula, kami para kepala desa bersemangat untuk mendukung penyelenggaraan carnaval tahun ini.

“Kami para kepala desa se kecamatan Kaliwungu Selatan bersama bapak Camat mengawal carnaval dari start Perum. Delta Asri sampai ke panggung kehormatan di Kantor Camat yang belum lama ini diresmikan oleh Bupati Kendal. Dengan menaiki Jeep off-road berada di depan peserta carnaval ini sebagai bukti support kami terhadap penyelenggaraan carnaval kecamatan Kaliwungu Selatan,” ujar Jumarno.

Adapun peserta oleh Panitia Penyelenggara untuk dinilai dan bagi yang menjadi juara akan mendapatkan hadiah selain bagi-bagi hadiah door prize secara undian dari sumbangan sponsor dari Keluarga Besar CV. Dua Putra yang berupa sembako, beras, rise cooker, seterika dan sepeda balap, dan lainnya. Sriyanto

About Post Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *