Fri. Apr 23rd, 2021

WARTAKADIN

Kabupaten Bekasi

Dandim 0715 Kendal Ajak Wartawan Ngopi Bareng Jalin Kerjasama & Silaturahim

2 min read

Kendal, wartakadin. “Diawali dengan berdoa, semoga di hari Jum’at akan membawa berkah bagi umat yang beriman dan bertaqwa untuk selalu dalam perlindunganNya,” inilah permohonan seorang Dandim 0715 Kendal Letkol.Inf. Iman Widhiarto, S.T mengawali sapanya dengan insan Pers Kendal dalam acara Ngopi Bareng Dandim 0715 Kendal bersama Wartawan Liputan Kendal di aula Kodim 0715 Kendal hari ini.

Acara ngopi bareng bersama Insan Pers Kendal yang sudah lama digagas Dandim Iman Widhiarto ternyata terlaksana hari ini (19/2/2021) menjadi surprise dan kebahagiaan tersendiri seorang prajurit TNI yang selalu menanggalkan kepentingan pribadi untuk lebih mementingkan orang banyak dalam menjaga keutuhan NKRI dari segala ancaman baik datang dari dari dalam maupun dari luar NKRI.

Dandim 0715 Kendal Letkol.Inf. Iman Widhiarto kepada wartawan yang hadir dari PWI, PWOI atau Online dalam ngopi bareng mengajak untuk menjalin kerjasama yang baik dalam fungsinya menyampaikan informasi yang positif dan edukatif. “Peranan Pers itu sangat penting dalam menegakkan demokrasi di Indonesia juga sebagai kontrol sosial yang dilandasi iman, taqwa yang dilandasi dengan kode etik yang ada dalam aktivitas jurnalistik,” pintanya.

Selanjutnya disampaikan dalam peliputan berbagai kegiatan baik dari tingkat Kodim maupun Koramil di Kendal, Iman Widhiarto tidak membedakan dari PWI, PWOI atau media online. Juga dalam penyampaian realise pun tidak bisa memaksa untuk diberitakan. “Karena untuk mengangkat sebuah berita itu bukan haknya wartawan, tetapi menjadi hak redaksi,” tambahnya.

Informasi yang disampaikan wartawan kepada publik diminta Dandim Kendal yang terarah dan memiliki nilai manfaat dicontohkan Kendal ada kawasan industri yang bisa didorong oleh media agar segera lakukan kegiatan industri untuk bisa menyerap tenaga kerja. Karena yang dilihat, ungkapnya sejak berdiri tahun 2012 hingga kini belum tampak aktivitas industrinya.

“Apabila ada kendala terkait kesiapan infrastruktur yang diminta investor, disini peran media sangat penting untuk mendorongnya dengan pemberitaan yang kritik dan bertanggungjawab,” harapnya.

Dalam kesempatan itu Dandim Kendal, secara pribadi sampaikan pula sebenarnya tidak suka publikasi. Karena menurut hati nurani Dandim ini, publikasi bisa menyebabkan ujud, riak dan takabur. Tetapi dalam era masa kini, tidak bisa membendung lagi arus informasi dan publikasi karena perkembangan IT lah yang menuntutnya. Ungkap Iman Widhiarto yang disampaikannya secara santun dan bersahabat dengan para awak media yang hadir.

Dalam acara ngopi bareng itu dimanfaatkan pula untuk dialog dan curhat baik dari Aparat Kodim 0715 Kendal juga wartawan yang hadir. Sriyanto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *