Sen. Jun 14th, 2021

WARTAKADIN

Kabupaten Bekasi

DEMI KELUAR DARI KRISIS PANDEMI COVID 19, KADIN KABUPATEN BEKASI SIAP BENTUK SATGAS VGR

2 min read

Cikarang || Warta Kadin

Vaksinasi Gotong Royong (VGR) yang rencananya besok akan digelar, selasa tanggal 18 Mei 2021 pukul 14.00, Presiden Jokowi akan menyaksikan secara Virtual, lokasi yang berpusat di kawasan industri Jababeka 1 tepat nya di PT. Uniliver Indonesia dan dihadiri Presdir PT. Uniliver, Dirut Biofarma, Ketua Umum Kadin, Bupati Bekasi, dan pejabat tera lainnya beserta jajaran menteri terkait juga turut hadir.

Di antara perusahaan yang memulai vaksinasi gotong royong antara lain, Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas yang memvaksinasi 4.000 orang karyawan di PT. Indah Kiat Pulp & Paper, Tbk Tangerang Mill.

Kemudian 600 karyawan Marunda Refinery Sinar Mas Agribusiness and Food dan terus bertambah menjangkau 3.000 karyawan.

Vaksinasi Gotong royong yang di inisiasi oleh Kamar dagang dan Industri (Kadin), menggugah beberapa perusahaan lainnya untuk memvaksinasi karyawan melalui konsep Vaksinasi Gotong Royong. Program ini tidak semata berupaya melindungi karyawan pekerja, namun ini sebuah komitmen yang ingin dibangun oleh sektor industri guna bersama-sama mempercepat terbangunnya kekebalan komunitas, serta memutus rantai penyebaran Covid-19,” ujar Ketua Kadin Kabupaten Bekasi Heri Noviar jelang pelaksanaan Vaksinasi Gotong Royong Sektor Makanan di kawasan Industri Marunda Center Kabupaten Bekasi.

Sementara Direktur Eksekutif Kadin Kab.Bekasi, Jon Soni mengatakan bahwa Vaksinasi adalah pintu gerbang yang mengantarkan pelaku usaha menuju ritme berusahanya kembali yg saat ini sedang mengalami negative pertumbuhan terdampak Pandemi Covid 19. Dan hal ini jelas menurutnya bagian dari strategi pemulihan ekonomi nasional, “apalagi yang harus ditunggu, ujar Soni, aturannya jelas sesuai Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 10 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi Dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19),

Masih menurutnya kegiatan yang diinisiasi Kamar Dagang dan Industri Indonesia ini saatnya menjadi tanggungan sektor industri, dan mesti berlangsung di luar fasilitas pelayanan kesehatan milik pemerintah,” ujarnya. Vaksin yang digunakan pun berbeda dengan program pemerintah yang tengah berlangsung.

Sementara menurut sumber dari Pemerintah pusat, telah menetapkan program vaksinasi gotong royong akan mulai dilaksanakan pada Senin 17 Mei 2021. Harga vaksin per dosis dan tarif pelayanan oleh fasilitas pelayanan kesehatan juga telah ditetapkan melalui kepmenkes. Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/4643/2021 tentang Penetapan Besaran Harga Pembelian Vaksin Produksi Sinopharm Melalui Penunjukan PT Bio Farma (Persero)

Sejauh ini sudah sebanyak 22.500 perusahaan menyatakan siap berpartisipasi mengikuti vaksinasi VGR tersebut.

“Sampai saat ini sudah sampai tahap tiga pendaftaran ada 22.500 perusahaan mendaftar. Rencana peluncuran minggu ini masih dilakukan secara bertahap.

Melalui keputusan tersebut, ditetapkan bahwa harga pembelian vaksin sebesar Rp 321.660 per dosis. Sementara tarif maksimal pelayanan vaksinasi sebesar Rp 117.910.

“Perusahaan yang berpartisipasi dalam vaksinasi gotong royong bisa menerima harga tersebut dan Kadin Kabupaten Bekasi siap mensukseskannya bila perlu kami akan buat satgas VGR”. ujar Heri Noviar ketua Kadin Kabupaten Bekasi yang baru saja terpilih.

(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *