Rab. Agu 10th, 2022

WARTAKADIN

Kabupaten Bekasi

Desa Wisata Gondang Butuh Peningkatan Kapasitas Jalan Untuk Bus Pariwisata Bisa Lewat

2 min read

Kendal, wartakadin. Gaung desa wisata Gondang Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal semakin bergema ke tingkat kabupaten hingga ke provinsi Jawa Tengah. Dan geliat pembangunan desa wisata Gondang berdampak positif yang menjadi pemicu desa-desa sekitar untuk berbenah dan membangun wisata desa.

Desa Wisata Gondang hingga kini menjadi andalan Pemerintah Kabupaten Kendal untuk diunggulkan dan dipromosikan agar mampu mendatangkan wisatawan datang ke desa Gondang.

Kepala Desa Gondang Yudi Santoso kepada wartakadin.com memaparkan, Gondang sudah lakukan pengembangan di sektor wisata melalui pembuatan master plan yang sudah dipelajari Bupati Kendal Dico M Ganinduto untuk membuat kebijakan yang mendorong Desa Wisata Gondang untuk Go Public.

“Set plan yang sudah jadi, seperti rest area di sebelah kanan Pertashop, sebelah kiri pasar desa. Edukasi Kampung Apokat, Cumping Graund dan Wahana Wisata,” jelasnya.

Desa Gondang memiliki unggulan hasil pertanian, perkebunan dan keindahan alam untuk dijadikan Magnit Wisata Desa tetapi masih membutuhkan sarana infrastruktur peningkatan kapasitas jalan agar Bus Wisata bisa lewat di jalur Limbangan – Sumowono, usul Yudi Santoso.

Katanya, selama ini sudah banyak peminat wisata Gondang dari berbagai daerah di Jawa Tengah dan wilayah provinsi lain tetapi terkendala kapasitas jalan dimana Bus Pariwisata tidak bisa masuk. Untuk itu, pihaknya memohon dukungan Pemkab. Kendal untuk mengusulkan ke provinsi atau Pemerintah Pusat agar jalur Limbangan – Sumowono menjadi jalan nasional.

Sementara Pengelola Tentrem Area Coffee bernama Tentrem, menuturkan, Desa Gondang belum pantas disebut Desa Wisata karena elemen pendukung belum terbangun. Katanya seperti contoh, belum tumbuh usaha warung-warung makan di pinggir jalan. Dan selain itu katakan, sikap masyarakat belum paham. “Sebagai tuan rumah tempat wisata harus ramah dan senyum dengan setiap tamu yang datang,” imbuhnya.

Tentrem sebagai wirausaha di Desa Gondang disampaikan, merasa terpanggil untuk mendukung desanya agar segera menjadi Desa Wisata yang Go Public.

Katanya, melalui usaha menyajikan Coffee di lokasi rumahnya bertujuan untuk menarik minat tamu yang datang bisa menikmati sajian makanan dan minuman yang digemari masyarakat pecinta wisata agar mereka betah dan ketagihan berkunjung ke desa Gondang.

“Konsep desa wisata yakni untuk bisa dinikmati anak cucu dengan munculnya bentuk usaha seperti usaha parkir dan warungan,” harapnya. Sriyanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *