Mon. Oct 26th, 2020

WARTAKADIN

Kabupaten Bekasi

Di Musim Hujan Perumahan Villa Kencana Sukakarya Menjadi Langganan Banjir

2 min read

Memasuki musim hujan warga Perumahan Villa Kencana Desa Sukajadi, Kecamatan Sukakarya sudah mulai was-was. Jika hujan tiba maka dampaknya pasti mengalami bencana banjir. Seperti yang disampaikan tokoh masyarakat setempat, Abas kepada satuarah.co. “Banjir yang terjadi di Perumahan Villa Kencana karena danaunya mengalami pendangkalan, sehingga air ketika hujan deras selalu meluap ke perumahan-perumahan warga,” ungkap Abas yang menyayangkan kenapa pengembangan kurang mengurusnya.

Lebih lanjut disampaikan, ribuan warga sudah beberapa kali mengusulkan kepada pengembang hingga melakukan unjuk rasa. Namun, tuntutan warga tetap diabaikan pengembang Perumahan Villa Kencana tersebut. Ada sekitar 15 ribu Kepala Keluarga yang selalu terdampak banjir dan banjirnya bervariasi mulai dari lutut orang dewasa hingga satu meter, hingga masuk ke rumah-rumah penduduk.

Dengan kondisi ini warga berharap, baik dari pengembang maupun Pemerintah Kabupaten Bekasi bisa segera bertindak untuk mencarikan solusi mengatasi permasalahan warga tersebut. Menurut Abas, dalam Pasal 8 UU Perlindungan Konsumen, maka pihak pengembang akan mendapatkan hukuman sesuai dengan Ayat 1 Pasal 62, yaitu dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 lima tahun atau pidana denda paling banyak Rp 2.000.000.000 (dua miliar rupiah). Ketika konsumen dirugikan karena banjir yang datang terus-menerus di setiap tahunnya.

Begitu juga dalam pasal 150 ayat (2) UU No. 1 Tahun 2011 tentang Perumahan dan Kawasan Pemukiman. pihak pengembang yang bersangkutan juga dapat dijerat pidana berdasarkan Pasal 151 UU 1/2011, yang berbunyi sebagai berikut .(1) Setiap orang yang menyelenggarakan pembangunan perumahan, yang tidak membangun perumahan sesuai dengan kriteria, spesifikasi, persyaratan, prasarana, sarana, dan utilitas umum yang diperjanjikan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 134, dipidana dengan pidana denda paling banyak Rp5.000.000.000,00 (lima miliar rupiah).

Dalam ayat (2) disebutkan selain pidana sebagaimana dimaksud pada ayat (1) pelaku dapat dijatuhi pidana tambahan berupa membangun kembali perumahan sesuai dengan kriteria, spesifikasi, persyaratan, prasarana, sarana, dan utilitas umum yang diperjanjikan.

Perumahan Villa Kencana adalah perumahan bersubsidi yang merupakan salah satu realisasi Program Satu Juta Rumah (PSR) untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) melalui kredit pemilikan rumah (KPR) bersubsidi. Perumahan ini pada tahun 2017 lalu diresmikan oleh Presiden Joko Widodo secara langsung. (Sumber: satuarah.co)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *