Pos-pos Terbaru

Mei 29, 2024

WARTAKADIN

Kabupaten Bekasi

Dinas ESDM Jawa Tengah Turun Ke Lokasi Tambang Desa Winong, Tentukan Batas Sesuai Ijin Penambang

1 min read

Kendal, wartakadin.com Di wilayah Kabupaten Kendal yang kaya dengan lahan galian C diperlukan kebijakan yang tegas untuk menghindari terjadinya kerusakan lingkungan. Untuk itu bagi para penambang harus memiliki ijin dan persyaratan yang harus dipenuhi untuk menghindari masalah dengan hukum.

Terkait hal itu, Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jawa Tengah melakukan pemeriksaan lokasi tambang galian C di desa Winong, Kecamatan Ngampel, Kabupaten Kendal pada Senin (13/05/2024) untuk menentukan batas ordinat pengembang yang sudah memiliki ijin, seperti PT. Alam Bukit Gemilang yang diduga telah menyerobot lahan milik PT. Parama Miguno Bumi.

Tim Dinas ESDM Provinsi Jawa Tengah dipimpin Agus Azis menjelaskan, “Kami datang atas permintaan kepolisian untuk memeriksa dan mengambil titik koordinat dari tambang galian C milik PT. Alam Bukit Gemilang dan PT. Alam Miguno Bumi.”

Terkait dengan perselisihan batas tambang, pihak PT. Parama Miguno Bumi menyatakan keyakinannya bahwa PT. Alam Bukit Gemilang melakukan penambangan di lahan milik mereka. “Kami yakin bahwa PT. Alam Bukit Gemilang telah menambang di lahan kami,” ungkap Abian, Komisaris PT. Parama Miguno Bumi.

Seperti disampaikan Rokhani, seorang pegawai PT. Parama Miguno Bumi mengatakan, pihaknya telah mengambil langkah untuk memasang patok besi di wilayah tambangnya, agar tidak ada lagi penambangan yang dilakukan oleh PT. Alam Bukit Gemilang hingga keputusan pengadilan keluar. “Ini untuk memastikan pihak kami yang benar atau pihak mereka yang salah,” ujar Rokhani kepada wartakadin.com di lokasi tambang desa Winong.

Juga menambahkan, pihaknya berharap kepada pihak lain agar dapat mentaati hukum dan bersabar menunggu keputusan pengadilan yang sah.

“Jika mereka mencabut patok-patok tersebut, berarti mereka tidak menghormati hukum dan mencoba memicu konflik,” paparnya. (Sriyanto)

About Post Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *