April 22, 2024

WARTAKADIN

Kabupaten Bekasi

Dinas LH Kendal Sosialisasikan RTH Kaliwungu Tetap Bersih dan Nyaman

2 min read

Kendal, wartakadin.com Pembangunan Ruang Terbuka Hijau atau Taman Kaliwungu Kabupaten Kendal telah selesai pembangunannya yang menelan dana sekitar Rp 3,7 miliar dari APBD Kabupaten Kendal Tahun Anggaran 2023.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kendal, Aris Irwanto meminta kepada masyarakat dan pedagang untuk menjaga dan merawatnya agar tetap bersih, nyaman dan aman. Himbauan ini dilakukan secara langsung melalui pengeras suara dari mobil Patwal Pol PP Kendal di depan lokasi RTH Kaliwungu atau depan masjid besar Kaliwungu pada Kamis sore (26/10/2023).

Kata Aris Irwanto, Ruang Terbuka Hijau atau Taman Terbuka Kaliwungu ini oleh Bupati Kendal Dico M Ganinduto sengaja dibangun untuk menghilangkan kesan kumuh dan kotor di alun-alun depan masjid besar Kaliwungu yang waktu itu untuk berjualan, dikenal dengan sebutan Pasar Sore.

Selanjutnya Aris katakan, keberadaan Ruang Terbuka Hijau ini untuk menjadi ikon Kaliwungu untuk mendongkrak potensi wisata religi di wilayah Kaliwungu. “Apabila banyak orang datang disini dan bertransaksi tentunya berdampak pada perkembangan ekonomi masyarakat sekitar,” imbuhnya.

Selain itu disampaikan, RTH Kaliwungu selain berfungsi sebagai tempat beristirahat, santai dan bermain juga untuk tempat berekspresi para pemuda-pemudi melalui kegiatan seni atau budaya.

Terkait dengan pembangunan Ruang Terbuka Hijau dijelaskan Aris Irwanto, proses pembangunan dilakukan bertahap. Tahap pertama Rp 800 juta, Tahap dua Rp 900 juta, dan tahap ketiga Rp 2 miliar atau totalnya sekitar Rp 3,7 miliar.

“Sesuai ketentuan kontrak dengan pelaksana, dalam 6 bulan kedepan masih menjadi tanggungjawab dan pemeliharaan pelaksana proyek RTH,” jelasnya.

“Tetapi masalah kebersihan RTH Kaliwungu hal ini menjadi tanggungjawab bersama, tidak hanya Pemerintah saja tetapi seluruh masyarakat dan pedagang yang berjualan disini,” tandasnya.

Keberadaan RTH Kaliwungu yang harus tetap terjaga dan bersih, juga ditunjang oleh tempat perbelanjaan yang berada disamping berupa los-los pedagang eks pasar sore yang menjajakan makanan, minuman, pakaian dan lain-lainnya.

Sedang bagi para pengunjung RTH juga disediakan parkir di seputar RTH dengan penjagaan oleh petugas parkir. Sementara bagi roda empat sudah ada lokasi parkir di samping masjid besar Kaliwungu. Sriyanto

About Post Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *