Sat. Oct 24th, 2020

WARTAKADIN

Kabupaten Bekasi

Direksi Astra International Terkesan Penerapan Industry 4.0 PT. Senalapan

2 min read

Senalapan Perkasa Indonesia terpilih menjadi salah satu IKM binaan Astra yang mendapat kunjungan lapangan (Genba) Astra Ventura bersama mitra usahanya. Tujuan kegiatan yang berlangsung pada tanggal 11 November 2019 ini untuk menunjukan kualitas produksi dan kreativitas pengembangan produk serta memunculkan peluang besar bisnis dengan Grup Astra. PT. Senalapan Perkasa Indonesia merupakan manufaktur spesialisasi dalam pembuatan mesin cleaning industri.

Kedatangan direksi Astra yang dipimpin Presiden Direktur Astra Internastional Tbk, Prijono Sugiarto disambut oleh Direktur PT. Senalapan Perkasa Indonesia, Emil Harley di workshop yang berlokasi di Jl. Raya Pamahan Cikarang Timur. Juga  turut mendampingi Prijono Sugiarto  adalah Presiden Komisaris Astra Ventura Suparno Djasmin, Presiden Direktur Astra Ventura Jefri R. Sirait serta eksekutif Grup Astra.

Dalam kesempatan tersebut Emil Harley memberikan sambutan dan penjelasan singkat mengenai profil PT. Senalapan Perkasa Indonesia.  Dilanjutkan dengan berkeliling melihat produk buatan PT. Senalapan Perkasa Indonesia. Emil Harley juga memperkenalkan implementasi industry 4.0 dengan Augmented Reality, kemudian memberikan penjelasan singkat mengenai cara kerja washing machine dan memperlihatkan produk dari pemanfaatan limbah stainless.

Kepada Wartakadin, Emil Harley menyampaikan penerapan industry 4.0 bertujuan agar setiap IKM dapat bersaing secara kompetitif di tengah disrupsi teknologi saat ini. Digitalisasi dapat membantu menyediakan layanan yang lebih baik dan menghasilkan produk dengan kualitas lebih tinggi, tetapi juga mengelola sumber daya internal dengan lebih efisien dan menjangkau pelanggan baru.

Kegiatan yang dilakukan Astra Ventura ini wadah bagi mitra usaha untuk mendapatkan inspirasi dan pembelajaran sekaligus memberikan motivasi kepada mitra usaha agar terus dapat mengembangkan tranformasi digital masa kini. Astra Ventura menyadari bahwa IKM harus terus berinovasi dalam meningkatkan kualitas produksi serta pemasaran ke berbagai sektor, sehingga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi. Apalagi, pemerintah telah menggaungkan Revolusi Industri 4.0.

Profil PT. Senalapan Perkasa Indonesia

Senalapan Indonesia mulai diresmikan menjadi perusahaan trading dan jasa pada tanggal 6 Agustus 2009. Kemudian pada tanggal 8 April 2011 PT. Senalapan Perkasa Indonesia resmi didirikan dan memulai engineering untuk mesin sederhana dan subcont kepada vendor untuk produksi dan perakitan.

Tahun 2013 PT. Senalapan Perkasa Indonesia semakin berkembang dengan menjadi anggota Asosiasi UKM Pendukung Industri (AUPI) dan menjadi distributor mesin Growell Blasting yang berasal dari Thailand. PT. Senalapan Perkasa Indonesia mulai develop untuk membuat Ultrasonic Immersible Transducer pada tahun 2014.

Pada tahun 2015 PT. Senalapan Perkasa Indonesia menjadi anggota Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA).

Dan pada tahun 2016 PT. Senalapan Perkasa Indonesia berhasil mengembangkan standar baru mesin Ultrasonic Mould Cleaner dan menjadi distributor maupun service center Honda Ultrasonic dari Jepang. Di tahun yang sama, PT. Senalapan Perkasa Indonesia menjadi anggota Kamar Dagang dan Industri (KADIN) dan Asosiasi UKM Komponen Otomotif (PIKKO), dan mulai diterapkannya ISO 9001:2008.

Tahun 2018 PT. Senalapan Perkasa Indonesia menjadi distributor dan service center JKS Cleaning Machine dari Malaysia. Disisi lain PT. Senalapan Perkasa Indonesia pun menjadi subcont utama Industrial Washing Machine untuk Astra Otoparts Divisi WINTEQ. Setelah berhasil menerapkan ISO 9001:2008 pada tahun 2016 PT. Senalapan Perkasa Indonesia mulai melakukan upgrade ke ISO 9001:2015.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *