Sab. Okt 16th, 2021

WARTAKADIN

Kabupaten Bekasi

Dubes Korea Selatan Harapkan Kerjasama Strategis Dengan Kadin Melalui UMKM Untuk Pangsa Pasar Korea

2 min read

Bandung||warta kadin.

Wakil Menteri Perdagangan RI, Jerry Sambuaga bersama Forum kerjasama Parlemen DPD RI perwakilan Jawa-Barat, Duta besar Korea selatan untuk Indonesia dan Kadin kab/kota se-Jawa barat menggelar acara ratifikasi kerjasama antara Korea selatan dan UMKM se-Jawa barat.

Duta Besar Korea selatan untuk Indonesia secara virtual menyampaikan sambutan di acara ‘IK-CEPA (Indonesia Korea Comprehensive Economic Partnership Ageement) Dialogue’ yang diselenggarakan oleh Badan Kerja Sama Parlemen (BKSP) DPD RI pada 17 September 2021. di hotel Pullman Bandung.

Dalam inti sambutannya, Duta besar Park berharap melalui kerja sama IK-CEPA ini hubungan kemitraan strategis antara Korea dan Indonesia semakin kuat dan dapat meningkatkan kemakmuran kedua negara.

Ada potensi pasar di Korea selatan senilai 2 sd. 3 Miliar dolar Amerika setiap tahunnya yang bisa diambil oleh pelaku usaha mikro kecil dan menengah. potensi pasar tersebut meliputi Fashion, kerajinan tangan, hasil laut dan hasil perkebunan berbasis industri kecil menengah (IKM) namun lengkapnya menurut duta besar Korea untuk Indonesia tersebut tentang items apa saja produk hasil UMKM Jabar, lebih lanjut akan di buat dalam tim khusus dari kedua belah pihak perwakilan dagang antar 2 negara, yang jelas menurutnya potensi ini harus diciptakan.

Kadin kabupaten Bekasi sebagai Zona Industri mendapatkan undangan khusus untuk menghadiri acara ini, bersama Kadin kab/kota sejabar lainnya. Pada sesi tanggapan, Ketua Kadin Jawa barat Cucu Sutara mempertegas kepada regulator dalam hal ini Kementerian Perdagangan untuk berkolaborasi dengan Kadin secara komprehensif dan jangan setengah -setengah.

Menurutnya “Kadin diberikan tugas oleh Pemerintah sebagaimana dijelaskan dalam undang-undang nomor 1 tahunn 1987 tentang Kadin dan Kepres 17 tentang Ad/art KADIN, saatnya sinergitas itu harus terbangun pasca PANDEMI covid-19,” ujar Cucu Sutara.

Kadin Kabupaten Bekasi yang dihadiri Ketua Kadin, Heri Noviar, Direktur Eksekutif Kadin kabupaten Bekasi, Jon Sony, serta pengurus Kadin yang menaungi bidang UMKM turut hadir diacara ini.

Dalam sesi jawaban atas kegiatan ini, Heri Noviar mengatakan kepada Warta Kadin, harus ada tindak lanjut yang di selaraskan bersama Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bekasi.

Dinas Perdagangan terkait potensi menumbuh kembangkan UMKM di Kabupaten Bekasi agar siap eksport dan bangkit sebagai kekuatan ekonomi komunal pasca pandemi dan ini tidak main-main. Pemda Kabupaten Bekasi sebagai pengelola anggaran harus peka pada kondisi kebangkitan UMKM agar naik kelas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *