Sat. Oct 24th, 2020

WARTAKADIN

Kabupaten Bekasi

Giliran Lippo Cikarang Dukung Pelaksanaan Perbup No 9 Tahun 2019

2 min read

Persoalan pengangguran menjadi prioritas Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja. Upaya yang dilakukan salah satunya mengeluarkan Perbup No. 9 tahun 2019 tentang perluasan kesempatan kerja, khususnya untuk masyarakat Bekasi. Untuk itu sejak akhir Mei Bupati dan jajarannya mensosialisasikan Perbup tersebut ke pengelola kawasan industri.

Hari ini (23/7/2019) Bupati Bekasi diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bekasi, H. Uju bertemu dengan pengembang Lippo Cikarang. Sekda Uju diterima jajaran direksi Lippo Cikarang, diantaranya Presdir PT Lippo Cikarang Tbk Simon Subiyanto bersama dengan Komisaris PT Lippo Cikarang Tbk Ali Said , Presdir PT Mahkota Sentosa Utama Reza Chatab. Hadi juga jajaran pengurus Kadin Kabupaten Bekasi yang dipimpin H. Obing Fachrudin.

Seperti diketahui Kawasan Industri Delta Silicon Lippo Cikarang sudah menyerap tenaga kerja sebanyak 500 ribu pekerja. Begitu juga dengan kawasan industri lainnya, meski demikian lowongan kerja kebanyakan diisi oleh pendatang.

Sekda Uju menyebutkan, diperlukan aturan untuk perluasan kesempatan kerja bagi tenaga kerja setempat. Berdasarkan data terbaru, Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Bekasi, sebanyak 1,7 juta angkatan kerja namun jumlah yang diserap perusahaan hanya mencapai 1,4 juta orang. Masih ada selisih, yang berpotensi menjadi pengangguran di wilayah Kabupaten Bekasi.

“Dari 1,7 juta angkatan kerja, daya serap hanya 1,4 juta masih ada pengangguran 300.000 orang. Sisi lain, Kabupaten Bekasi merupakan kawasan industri terbesar, ada sekitar 5.000 perusahaan, tapi angka pengangguran di Kabupaten Bekasi tertinggi se-Jawa Barat. Memang sedikit ironis. Persoalan ini kita pecahkan bersama bagaimana tingkat pengangguran di Kabupaten Bekasi diselesaikan secara bersama,” ujar Uju.

Lebih lanjut disampaikan, Pemkab Bekasi berupaya untuk membuka kesempatan kerja kepada penduduk setempat, seluas-luasnya dan disesuaikan dengan kompetensi sumber daya manusia yang tersedia. Diharapkan Lippo Cikarang bisa membantu mengatasi persoalan minimnya kesempatan kerja untuk masyarakat Bekasi.

“Lippo Cikarang mengucapkan terima kasih atas kehadiran Bupati Bekasi yang diwakili oleh Sekda. Kami sangat mendukung program kerja pemerintah daerah dalam sosialiasasi Perbup Nomor 9 Tahun 2019 tentang Perluasan Kesempatan Kerja, dalam mewujudkan visi Kabupaten Bekasi yang baru dan bersih,” ujar Simon Subiyanto.

Sementara itu H Obing Fachrudin yang selalu hadir dalam sosialisasi Perbup No. 9 Tahun 2019 mengatakan, persoalan kesempatan kerja bagi SDM lokal bisa diatasi jika skill dan kompetensi mereka ditingkatkan.

“Kami sedang membangun LPK Kadin yang nantinya bisa dimanfaatkan untuk peningkatan kompetensi. Untuk itu Kadin siap bekerja sama dengan Pemkab Bekasi dan perusahaan kawasan industri, untuk mengatasi persoalan ketenagakerjaan,” ujar Ketua Kadin Kabupaten Bekasi ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *