April 14, 2024

WARTAKADIN

Kabupaten Bekasi

HIPMI Kendal Akan Promosikan Wisata Curug Sewu Jadi Icon Wisata Kendal

2 min read

Kendal, wartakadin.com. Melihat obyek Wisata Alam Curug Sewu yang berlokasi di desa Curug Sewu Kecamatan Patean Kabupaten Kendal menjadi salah satu dan andalan bagi Pemerintah Kabupaten Kendal untuk mendapatkan income dari pariwisata, tetapi hingga kini belum memiliki magnit yang mampu mendatangkan wisatawan dari luar Kendal.

Hal ini terjadi karena trend minat wisatawan saat ini tidak hanya sekedar melihat keindahan alam, tetapi wisatawan butuh pula penginapan untuk beristirahat dan berbelanja. Atau ingin membawa oleh-oleh yang bisa dibawa pulang ke daerahnya.

Obyek wisata Curug Sewu yang
perlu pendukung menarik minat wisatawan ini sedang dipikirkan oleh Dinas Pemuda, Olah Raga dan Pariwisata Kabupaten Kendal seperti yang disampaikan Kadin Porapar Kab.Kendal Achmad Ircham Chalid menjawab pertanyaan wartakadin.com yang menemui di ruang kerja pada Senin (31/10/2022).

Seperti harapannya, obyek wisata Curug Sewu menjadi Icon Wisata Kendal, diakui perlu pengembangan dan promosi, Dinas Porapar Kab. Kendal siap membuka diri mengajak pihak ketiga seperti lembaga atau swasta untuk berkolaborasi dan bekerjasama dalam mengelola dan mengembangkan obyek wisata Curug Sewu lebih menarik dan lebih banyak menarik minat wisatawan dari luar kabupaten Kendal.

Belum lama ini dari sekian lembaga yang ada di Kabupaten Kendal, HIPMI Kendal tampil dan tergerak untuk mendukung perkembangan pariwisata di Kendal, yakni melalui program jelajah wisata di Kabupaten Kendal yang diawali dari obyek wisata alam Curug Sewu, Desa Curug Sewu Kecamatan Patean Kabupaten Kendal pada hari Minggu (30/10/2022), HIPMI Kendal berdiskusi dan sharing dengan Pengelola Obyek Wisata Alam Curug Sewu.

Di lokasi obyek wisata Curug Sewu, Ketua Panitia Jelajah Wisata HIPMI Kendal Gus Fatur sampaikan, kegiatan ini adalah bentuk kepedulian HIPMI terhadap pariwisata Kendal sesuai visi – misi Bupati Kendal. Dan diskusi dengan pengelola obyek wisata Curug Sewu itu membahas tentang upaya promosi dan peningkatan obyek wisata Curug Sewu untuk kembali menjadi icon Wisata Kendal agar ekonomi tumbuh.

Melihat visi kedepan, HIPMI Kendal ingin membangun kembali citra Obyek Wisata Alam Curug Sewu yang sempat mati suri karena Pandemi Covid-19 dengan berkontribusi dalam rebranding pariwisata Kendal. Mengingat ada sejarah panjang tentang berdirinya obyek wisata ini, baik dari sosial budaya dan religi. Demikian mengutik pemberitaan Febrian A.N “Ernest”.

Seperti yang ditulis Kontributor Febrian, harapan yang disampaikan Sekum HIPMI Kendal Khidad dalam diskusi itu, Wisata Curug Sewu perlu dibangkitkan kembali dari segi penataan, pelayanan, dan update yang mengikuti perkembangan agar tidak kalah dengan swasta. “Curug Sewu kembali menjadi Icon Wisata Kendal”.

Dalam catatan HIPMI Kendal terkait obyek wisata alam Curug Sewu terdapatnya beberapa kendala yang disampaikan oleh Pengelola Curug Sewu seperti : (1) Keberadaan pohon besar yang menjadi ciri khas Curug Sewu harus dipertahankan. Namun olah manusia, perambahan hutan menyebabkan kawasan menjadi gersang.
(2) Obyek Wisata masih jarang di Kendal.
(3) Perkembangan wisata harus memiliki beberapa aspek tiga pasar yakni Anak-anak, Remaja dan Orang tua. Ini upaya agar Obyek Wisata Curug Sewu bisa berkembang.
(4) Perijinan atau birokrasi yang cukup sulit untuk mengembangkan wisata ini.

Hasil diskusi itu, HIPMI Kendal sampaikan usulannya untuk Kebangkitan Curug Sewu membutuhkan ekosistem pariwisata seperti, adanya warung makan, oleh-oleh, suvenir, music, laundry dan lainnya. Juga pembenahan seperti beberapa penataan tempat, wahana, serta pelayanan agar tidak kalah dengan swasta.

Pihak Curug Sewu bisa menggandeng beberapa Stakeholder seperti Dinas Pendidikan dan Kebudayaan terkait wisata edukasi siswa. “Kami siap mendengar keluhan dari pengelola yang akan kami sampaikan kepada Pemerintah Kabupaten Kendal,” ungkap Sekum Khidad. Demikian antara lain pemberitaan yang disampaikan Febrian/Sriyanto.

About Post Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *