Pos-pos Terbaru

Mei 29, 2024

WARTAKADIN

Kabupaten Bekasi

HPN Tingkat Jateng Di Kendal Pecahkan Rekor Muri Dengan 5.555 Perempuan Minum Kopi Serentak

2 min read

Kendal, Penyelenggaraan Hari Pers Nasional (HPN) Tingkat Jawa Tengah Tahun 2022 di Kabupaten Kendal menjadi viral karena adanya dukungan 5.555 perempuan di Kendal serentak minum kopi dalam waktu yang sama.

Para perempuan ini sangat antusias sekali dan bersemangat meramaikan Hari Pers Nasional Tingkat Jawa Tengah yang dipusatkan di Kendal dengan sukarela menyediakan kopi dan diminum bersama-sama baik di kantor desa, kecamatan hingga ibu-ibu PKK Kabupaten Kendal yang menghadiri Webinar di Pendopo Tumenggung Bahurekso hari Jumat (18/2/2022).

Hal ini menjadi prestasi yang membanggakan yang ditoreh Kabupaten Kendal karena kegiatan perempuan minum kopi terbanyak di Indonesia ini hingga tercatat dalam rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri) dimana piagam MURi langsung diterima isteri bupati Kendal Chacha Frederica di Pendopo Tumenggung Bahurekso Kendal.

Hal ini seperti disampaikan Representasi Muri Jateng Sri Widayati di Pendopo Kendal, Kendal telah mengungguli rekor serupa yang tercatat sebelumnya oleh Provinsi Lampung dengan jumlah 2.262 perempuan minum kopi bersama.

Pemecahan rekor ini juga untuk memeriahkan peringatan Hari Pers Nasional ke-37 Tahun 2022 tingkat Jawa Tengah yang tahun ini dilaksanakan di Kabupaten Kendal. “Dengan demikian rekor Provinsi Lampung telah ditumbangkan oleh Kabupaten Kendal,” kata Sri Widayati.

Ketua TP PKK Kabupaten Kendal Wynne Frederica atau akrab dipanggil Chacha yang mantan aktris sinetron bercerita tentang suaminya (Bupati Kendal Dico M Ganinduto) yang kesukaannya minum kopi. Awal suami saya ngantor disuguhi minum kopi bertanya : “Ini kopi darimana?” Dijawab oleh karyawan : “Kopi dari luar Kendal” Dan selanjutnya suami saya meminta suguhan kopi yang asli dari Kendal. Demikian prakata yang disampaikan Chacha didepan peserta Webinar hari ini.

Kopi Kendal yang berpotensi untuk dikembangkan ini, oleh Chacha dicarikan pasarnya. Yakni melalui promosi dan memasyarakatkan minum kopi yang dimulai dari jajaran pemerintahan Kabupaten Kendal. “Kopi yang disediakan untuk berbagai keperluan, termasuk menjamu para tamu adalah kopi asli Kendal,” jelas Chacha.

Sedangkan untuk meningkatkan nilai tambah ekonomi di Kendal, Chacha akan terjun ke sekolah-sekolah untuk mencari anak-anak yang mau belajar tentang kopi.

Selain untuk minuman, Chacha juga menyampaikan bahwa kopi bisa untuk bahan kecantikan. Misalnya, untuk lulur, masker, dan keperkuan kecantikan lainnya.

Ketua PWI Jateng Amir Machmud NS yang hadir dalam acara itu juga menyatakan, kopi bukan sekedar minuman, atau menjadi elemen ekonomi. “Kopi itu juga menjadi ideologi, yang bisa melepas semua sekat, agama, suku, dan apapun. Karena semua menikmatinya,” tuturnya.

PWI Jateng Mendukung

Amir Machmud yang mewakili insan Pers Jawa Tengah menyatakan sangat mendukung upaya yang dilakukan Kendal untuk meningkatkan nilai tambah kopi ini. “PWI Jateng dan PWI Kendal sangat mendukung Bupati Dico M Ganinduto dan Ketua Penggerak PKK Chacha Frederica atas keberpihakan pada pengembangan UMKM,” imbuhnya.

Acara pemecahan rekor perempuan minum kopi terbanyak ini dilanjutkan Webinar dengan topik “UMKM sebagai Penopang Pertumbuhan Ekonomi”

Webinar menampilkan pembicara dari Kementerian Koperasi dan UMKM Budi Mustopo, Kepala Dinas Koperasi Prov. Jateng Drs Ema Rachmawati dan Ketua TP PKK Kabupaten Kendal Wynne Frederica, CEO Mie Sundoro Bintari Saptanti, CEO Intrafood serta Produsen Jahe Wangi Awang Tri Handono.

Ikut meramaikan Webinar, UMKM Produsen Kopi Kendal yang menyediakan minum kopi secara gratis bagi peserta dan undangan yang hadir. Sriyanto

 

About Post Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *