Ming. Sep 25th, 2022

WARTAKADIN

Kabupaten Bekasi

Ikon Wisata Limbangan Kendal Akan Di Launching Dalam Waktu Dekat

2 min read

Kendal, wartakadin. Pemandangan alam yang indah dan sejuk, dilatarbelakangi pegunungan Ungaran, air terun mengalir kebawah dan sawah terlihat hijau, itulah potensi untuk dijadikan destinasi wisata yang bisa mendatangkan wisatawan untuk datang di Limbangan Kabupaten Kendal.

Potensi wisata yang terbangun di lima desa di Kecamatan Limbangan, kata Sujarno Ketua Paguyuban Kades Se Kecamatan Limbangan, saat ini sedang digarap untuk menyatukan visi membangun Wisata Limbangan.

Wisata Limbangan yang menjadi Ikon Limbangan kedepan, ungkap Sujarno, saat ini sedang dipersiapkan untuk launching. “Wisata Limbangan itu berasal dari desa-desa wisata yang dipersatukan dalam satu integrasi,” tuturnya.

Lanjut dikatakan, Wisata Limbangan nanti bila sudah launching akan dijual ke masyarakat dalam bentuk satu paket wisata Limbangan.

“Wisata Limbangan akan didukung dengan sarana penunjang, yakni ungkap Sujarno, ada produk UMKM, Rest Area, alat transportasi seperti Jeep offroad atau kendaraan roda empat yang mengantarkan wisatawan dari desa satu ke desa yang memiliki potensinya,” tuturnya.

Dari hasil rapat bersama yang lalu antara Camat dengan Kepala Desa dan Ketua BUMDes se Kecamatan Limbangan menelurkan potensi wisata yang menonjol di masing-masing desa. Contohnya, Air panas Gonoharjo, Ngesrep Balong menikmati kopi Kendal Atas dan Pagertoya di bukit Jaro.

Sedang untuk kelancaran arus lalu lintas menuju lokasi wisata, kata Sujarno, apabila kondisi jalan ada yang belum baik akan mendorong Camat Limbangan mengusulkan ke Pemerintah Kabupaten Kendal.

Untuk SDM Pengelola Wisata Desa, Sujarno sampaikan, kepala desa dan perangkat desa dibekali dengan Bintek dan studi banding potensi wisata dan UMKM ke beberapa daerah seperti ke Banjarnegara, Kabupaten Semarang dan Borobudur tentang UMKM dan Wisata.

‘Terbentuknya Desa Wisata Limbangan akan dibiayai dengan dana tambahan dari eks PNPM menjadi BUMDesMa,” jelas Sujarno.

Sementara Mantan Camat Limbangan Sunarto menambahkan, Team dari Borobudur akan ke Limbangan untuk melihat potensi Limbangan yang bisa dikembangkan.

“Dengan hadirnya Camat Baru Febi bisa meneruskan keinginan kepala desa dan masyarakat Limbangan untuk mengembangkan potensi wisata di Limbangan yang juga mengadopsi potensi wisata di daerah lain, ” imbuhnya. Sriyanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos-pos Terbaru