Sat. Oct 24th, 2020

WARTAKADIN

Kabupaten Bekasi

Imbas Pandemi Covid-19, AIESEC President University Melaksanakan Kegiatan Berbasis Virtual Online

2 min read

Kegiatan Perkuliahaan di Indonesia merasakan dampak yang luar biasa dari wabah virus corona. Virus tersebut pertama kali muncul di China. Akibat pandemi yang sudah menyebar ke 156 negara, banyak aktivitas kegiatan sekolah diliburkan sementara. Tak terkecuali, AIESEC di President University yang ikut merasakan dampak akibat pandemi virus tersebut, sehingga mengharuskan melaksanakan semua kegiatan secara virtual. Meskipun demikian, AIESEC di President University tetap menjalankan fokusnya terhadap para pemuda dalam pengembangan potensi kepemimpinan mereka serta, mendukung dalam pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals) sebagai kesepakatan pembangunan global. Dengan adanya pelaksanaan kegiatan tersebut, AIESEC di President University tetap mematuhi kebijakan pemerintah dengan tetap berada di rumah.

Pada tanggal 9 April, merupakan kegiatan virtual pertama kalinya yang diselenggarakan oleh AIESEC di President University yang bernama” LC Virtual Engangement Day”. Diselenggarakannya kegiatan ini, dengan tujuan untuk menghilangkan rasa rindu sesama AIESECer dikarenakan tidak saling bertemu selama adanya pandemi Virus Corona. Kegiatan Virtual ini dipersiapkan oleh Talent Management dengan banyak agenda yang menyenangkan dan dimulai pada pukul 19.00 WIB, dengan Check-in dari setiap anggota, dan dilanjutkan pidato dari panel eksternal yang telah diundang. Mereka adalah LCP AIESEC di UNJ, Farid Pujiono, dan LCP AIESEC di Universitas Brawijaya, Alfiyya Zahra Anisa.

AIESEC di President University kembali mengikuti Virtual yang bernama “ Palapa Learning Online” dengan terdiri dari beberapa episode. “Palapa Learning Online” merupakan kepanjangan dari Palalo yang berarti platform dimana AIESECer dari seluruh nusantara bisa belajar secara online walaupun dalam kondisi yang mengharuskan kita untuk #stayathome. Kegiatan virtual ini memiliki beberapa episode yang menarik seperti,membahas tentang cara mengimplementasikan Team Standard. Team Standard adalah suatu guidance yang diberikan oleh AIESEC di Indonesia kepada semua Team Leader agar masing-masing member mereka mendapatkan standar kualitas yang sama, dan speaker juga membahas bagaimana menerapkan Team Standard dalam keadaan pandemi seperti sekarang ini.

AIESEC di President University telah mempersiapkan untuk menyelenggarakan Kegiatan Impact Circle 2020 pada Bulan juni ini. Impact Circle akan dilaksanakan pada Kamis (25/06/2020). Untuk pertama kalinya Impact Circle 2020 dilaksanakan melalui virtual online. AIESEC di President university turut mengundang beberapa pembicara yang datang mengisi sesi sharing dari impact circle ini antara lain; Local Commitee President University, Ruang Guru, dan Komunitas Youth of Indonesia. Impact Circle merupakan “community gathering” dengan objektif untuk meningkatkan kesadaran generasi muda tentang isu-isu sosial yang ada di sekitarnya.

Berdasarkan poin pembangunan berkelanjutan pada nomor 4 yaitu”Quality Education”. Pada kesempatan kali ini, AIESEC di President University mengangkat tema tentang “Virtual Quality Education” #learn at home dengan tujuam agar masyarakat dan terutama para pelajar bisa mendapatkan dampak positif di tengah pandemi ini. Melalui learn at home, kegiatan Impact Circle 2020 akan membahas mengapa kita harus peduli tentang Quality Education? Apa yang harus kita ketahui tentang Quality Virtual Education atau learn at home dan juga bagaimana cara kita sebagai pemuda dapat berpartisipasi untuk menyelesaikan permasalahan isu yang ada serta memberikan kontribusi pada keadaan lingkungan sekitar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *