April 22, 2024

WARTAKADIN

Kabupaten Bekasi

Inilah Komitmen Bupati Kendal, Masyarakat Desa Kalices Hingga Menikmati Kelancaran Akses Jalan Yang Baru Terbangun

2 min read

Kendal, wartakadin.com Tidak bisa dibayangkan susah dan beratnya kehidupan di desa Kalices Kecamatan Patean Kabupaten Kendal, dari sejak berdiri Kabupaten Kendal pada tahun 1605 hingga kini, baru bisa menikmati kelancaran berlalu lintas karena akses jalan Kalices – Sojomerto terbangun.

Hal ini seperti dikatakan Bupati Kendal Dico M Ganinduto hari ini, Kamis (9/11/2023) saat melakukan kunjungan kerja ke Desa Kalices dan meresmikan jalan Kalices – Sojomerto yang didampingi Kepala Dinas PUPR Kabupaten Kendal, Sudaryanto.

Secara demografi bahwa Kabupaten Kendal memiliki wilayah pegunungan dan pantai diperlukan anggaran yang besar untuk membangun infrastruktur jalan desa dan kampung agar masyarakat dapat bergerak dengan cepat dan beraktivitas dalam kegiatan ekonomi dan sosial kemasyarakatan.

Salah satunya, Desa Kalices merupakan desa yang terpencil diatas perbukitan dan sulit terjangkau kecuali bila ada pembangunan jalan yang bisa menerobos hutan dan perbukitan seperti akses jalan yang baru saja dibangun oleh Dinas PUPR Kabupaten Kendal.

Adapun progres pekerjaan rekonstruksi jalan Kalices – Sojomerto dengan sumber dana dari Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik yang sudah mencapai 96,78% atau Rp 4.136.439.000,00. dengan konstruksi beton FS45, lebar 4 meter, panjang 590 meter dan DPT 114 meter.

Kunjungan Bupati Dico M Ganinduto selain meninjau dan meresmikan pembangunan jalan Kalices – Sojomerto juga peningkatan jalan Curug Sewu – Kalices sudah maksimal dengan anggaran Rp 2.248.453.000,00 berupa pembangunan aspal lebar 3 meter, panjang 2.260 meter dan pasangan batu 235 meter.

Kedua ruas jalan tersebut menghubungkan Kendal Bawah (Kecamatan Gemuh) dengan Kendal Atas (Kecamatan Patean) yang mempersingkat jarak 33,4 KM dan waktu tempuh 75 menit. Dimana saat ini route Gemuh – Sojomerto – Curug Sewu jarak 1.757 KM dengan waktu tempuh 35 menit atau 2 kali lebih cepat.

Pemerintah Kabupaten Kendal Tahun 2023 telah mengerjakan rekonstruksi jalan sepanjang 39 paket, rehabilitasi jalan sebanyak 9 paket dan penggantian jembatan 1 paket, yakni jembatan Sukodono – Bulu Gede serta rehabilitasi jembatan 1 paket jalan Sidorejo – Dampal.

Harapan Kepala Desa Kalices, Aris Munandar dengan adanya pembangunan jalan Kalices – Sojomerto bisa meningkatkan ekonomi masyarakat dan adanya efesien waktu dari 1,5 jam dari Kalices ke Kendal. Kalau pakai motor sekarang bisa setengah jam sampai di Kendal. Tetapi katanya masih meminta kepada Dinas PUPR Kendal agar jalur alternatif Sojomerto – Kalices – Curug Sewu dilebarkan lagi.

Kunjungan kerja Bupati Kendal hari ini di Balai Desa Kalices, dihadiri Camat Gemuh, Camat Patean, Forkopimcam Patean dan Kepala Desa Kalices bersama perangkat desa dan pasukan pendukung yang menyambut kedatangan Bupati Kendal di Desa Kalices. Sriyanto

About Post Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *