Sat. Oct 24th, 2020

WARTAKADIN

Kabupaten Bekasi

Jabar Penyumbang Ekspor Terbesar di Indonesia

1 min read

Jawa Barat tidak hanya berpenduduk terbesar di Indonesia, tetapi juga merupakan provinsi dengan kontribusi ekspor terbesar di Indonesia. Tercatat oleh Kementerian Perdagangan mengacu pada data BPS, dari bulan Januari hingga April 2019, ekspor dari Jawa Barat US$ 9,69 miliar.

Jawa Barat mengungguli Jawa Timur sebesar US$ 6,13 miliar, Riau US$ 3,87 miliar, Kalimantan Timur US$ 3,87 dan Banten US$ 3,71 miliar. Ke lima provinsi tersebut jika digabung menyumbang sebesar 40,81% dari total ekspor nasional selama periode Januari hingga April 2019.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukito menyampaikan, daerah-daerah yang memiliki pusat industri, tersebar di Indonesia. Hingga saat ini, Jawa Barat merupakan yang terbesar. Namun, kita terus mengupayakan agar sektor industri merata terbangun di tiap pulau. Tentu dengan komoditas unggulan pada masing-masing daerah.

Tingginya nilai ekspor Jawa Barat tidak lepas dari keberadaan kawasan industri yang terpusat di Bekasi, Cikarang dan Karawang. Jawa Barat juga memiliki infrastruktur yang mendukung perkembangan kawasan industri. Keberadaan akses tol mendorong tumbuhnya kawasan industri baru, seperti di Purwakarta, Subang dan Cirebon.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *