Mon. Oct 26th, 2020

WARTAKADIN

Kabupaten Bekasi

Jangan Khawatir Mati Lampu, Ada B4T Power House

1 min read

Pemadaman listrik sering membuat kita kesal, apalagi jika di malam hari. Terpaksa kita menyalakan lilin karena itu paling praktis. Namun kadang, hal tersebut pemicu kebakaran, jika kita ceroboh menaruh lilin di dekat tempat yang mudah terbakar.

Namun kini tidak perlu khawatir, karena Balai Besar Bahan dan Barang Teknik (B4T) berhasil menciptakan alat yang bernama B4T Power House. Alat ini menggunakan baterai lithium yang sudah menjadi bahan penelitian sejak tahun 2015. Baterai portabel ini bisa digunakan untuk daerah yang sulit terjangkau listrik, kondisi darurat seperti lokasi gempa bumi. Prinsip dasarnya mirip seperti powerbank.Namun dengan kapasitas yang lebih besar.

B4T Power House saat ini memiliki kapasitas 20.000 mAh, dengan tegangan keluar DC 5 Volt, dan 220 V. Perangkat ini dapat diatur kapasitasnya sesuai kebutuhan dan nantinya akan dikembangkan dengan sumber daya yang berasal dari panel surya.

Saat ini, B4T Power House sedang dijajaki dengan Pusat Pengembangan dan Penelitian Angkatan Darat, untuk digunakan pada tentara yang bertugas di pedalaman atau medan perang.

Jika kita ingin tahu lebih lanjut tentang B4T Power House, bisa datang langsung ke Bandung Riset Expo (BANDREX) 2019 pada Kamis, 8 Agustus 2019 di Jl. Sangkuriang No. 14 Bandung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *