Rab. Agu 10th, 2022

WARTAKADIN

Kabupaten Bekasi

Jangan Takut Melapor Bila Menemukan Rokok Ilegal

2 min read

Kendal, wartakadin. Jangan takut untuk melapor bagi seseorang yang menemukan rokok ilegal atau rokok tanpa cukai. “Karena dengan melapor, anda telah membantu Pemerintah dalam pemberantasan rokok ilegal. Dan dijamin, pelapor dilindungi dan diberikan tali asih sekedarnya,” demikian himbauan Bea Cukai Provinsi Jawa Tengah.

Untuk mencegah peredaran rokok ilegal, rokok polos, atau rokok tanpa pita cukai, Pemerintah Daerah bersama Bea Cukai lakukan sosialisasi pemberantasan peredaran cukai ilegal di wilayah kabupaten Kendal hari ini (27/6/2022) di tempat wisata Omahe Opa Patean Kendal.

Sosialisasi menampilkan pembicara dari Pejabat Pemkab.Kendal, Ditjen. Bea & Cukai Provinsi Jawa Tengah dan Sat.Pol PP Provinsi Jawa Tengah yang dipandu Galuh Kinanti dari Lingkartv, diikuti petani dan kelompok tani tembakau wilayah kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal.

“Cukai rokok itu untuk pendapatan Pemerintah yang akhirnya kembali ke masyarakat yang berupa pembangunan jalan dan phisik lainnya. Untuk itu masyarakat diminta ikut mengawasi dan melaporkan bila menemukan rokok tanpa cukai yang dijual oleh pedagang khususnya di wilayah Kendal,” Demikian Wakil Bupati Kendal Windu Suko Basuki sampaikan.

Wakil Bupati juga ingatkan, keuntungan cukai rokok juga menguntungkan bagi petani tembakau. Kesadaran tinggi yang dilakukan pengusaha atau produsen rokok berpita cukai membuat harga tembakau bisa stabil dan petani tidak merugi saat panen tembakau.

Kasi Perbendaharaan Bea Cukai Semarang Tri Hanggono Nugroho jelaskan, barang-barang yang dikenai cukai seperti tembakau dijual dengan kemasan, produk tembakau (rokok) dan minuman keras. “Tetapi tembakau yang masih didalam keranjang dibawa petani tidak dikenai cukai,” tambahnya.

Pengendalian peredaran rokok ilegal (tanpa cukai), Bea Cukai lakukan pengawasan dan penindakan di lapangan selama 24 jam dalam sehari yang didampingi Pemda dan Satpol PP setempat.

Operasi di wilayah Kendal, ungkap Tri Hanggono Nugroho, dilakukan di jalan tol dan jalur kendaraan angkutan. “Kami berhasil menangkap paket-paket rokok ilegal dalam jumlah yang banyak. Bila di warung-warung itu jumlahnya kecil,” tambahnya.

Sementara Kasat Pol PP Provinsi Jawa Tengah Budi Santoso sampaikan, peran Satpol PP yakni untuk penegakan perda terhadap barang yang terkena cukai. Satpol PP membantu Bea Cukai melakukan pengawasan dan penegakan cukai, berdasarkan dari pengumpulan informasi masyarakat Jawa Tengah.

Untuk wilayah Kabupaten Kendal, Ka. Satpol PP Kab Kendal Subarso katakan, selama ini ada banyak beredar produk rokok ilegal tanpa cukai. Tetapi rokok tersebut berasal dari luar Kendal.

Juga katakan, rencana akan berdiri pabrik rokok di kawasan industri Kendal. “Kami sudah menemukan rokok ilegal di Kendal, dan sudah dilakukan penyitaan dan tidak dilakukan penindakan karena yang diketemukan mereka itu penjual hingga tidak dikenai sanksi,” imbuhnya. Sriyanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *