Fri. Oct 30th, 2020

WARTAKADIN

Kabupaten Bekasi

Jaringan Sistem OSS Down, Pelayanan DPMPTSP Kabupaten Bekasi Terganggu

1 min read

Hari ini (8/7/2019) DPMPTSP Kabupaten Bekasi menyampaikan pengumuman bahwa BKPM saat sedang melakukan pemeliharaan atau maintenance upgrade sistem OSS versi 1.0 ke versi 1.1. Akibatnya jaringan sistem OSS jadi tidak stabil atau down system. Kondisi ini menyebabkan loket pelayanan DPMPTSP untuk sementara dihentikan hingga sistem OSS kembali stabil. Atas gangguan layanan ini pihak DPMPTSP Kabupaten Bekasi menyampaikan permohonan maaf.

Melihat hal tersebut, Ketua Komite Tetap Real Estate, H. Agung H.M. S.E, menyampaikan, dampaknya adalah pembuatan NIB dan OSS jadi tertunda. “Saya mendapat Info dari Pak Achmad Yani petugas perijinan Pemda, pelayanan DPMPTSP terganggu dikarenakan sistem di BKPM yang bermasalah. Saya berharap perbaikan segera diprioritaskan karena menggangu kelancaran bisnis khususnya saat membuat perijinan,” ungkap H. Agung.

Badan Koordinasi Penanaman Modal atau BKPM mengungkapkan, hingga saat ini, sistem Online Single Submission telah diimplementasikan selama hampir satu tahun. Dalam kurun waktu 9 Juli 2018 sampai dengan tanggal 31 Mei 2019, sistem OSS telah menerima registrasi sebanyak 509.066 akun, dengan aktivasi sebanyak 472.182 akun yang aktif.
Pembuatan perijinan secara online memang mendorong kemudahan dalam memulai usaha. Namun disisi lain, teknologi yang digunakan memang harus selalu diupgrade mengikuti kemajuan teknologi. Hal tersebut harus sudah diantisipasi, agar upgrade sistem bisa dilakukan secara cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *