Mon. Oct 26th, 2020

WARTAKADIN

Kabupaten Bekasi

JOKOWI DAN PRABOWO BERTEMU TIDAK ADA LAGI CEBONG DAN KAMPRET

2 min read

Setelah lama dinanti-nantikan, akhirinya dua tokoh bangsa bertemu hari ini (13/7/2019). Jokowi dan Prabowo yang bertarung sengit di Pilpres 2019, oleh banyak pihak diharapkan bisa melakukan rekonsiliasi untuk mendinginkan suasana paska pilpres.

Pertemuan diawali dengan bersalaman saat memasuki pintu masuk Stasiun MRT Lebak Bulus. Keduanya naik MRT dan berbincang bersama selama menuju ke Stasiun Senayan Jakarta. Sesampainya di Stasiun Senayan, keduanya melakukan pers konferens saat di lobby stasiun.

Dalam kesempatan tersebut Jokowi mengatakan,”Ini adalah pertemuan seorang sahabat, seorang kawan, seorang saudara yang sudah direncanakan sejak lama. Tetapi Pak Prabowo sibuk mondar mandir ke luar negeri, juga saya ke daerah dan luar negeri, sehingga pertemuan belum bisa terlaksana. Dan Alhamdulilah kita bisa bertemu di MRT, karena saya yakin Pak Prabowo belum pernak naik MRT.”

Jokowi berharap setelah pertemuan ini, para pendukung melakukan hal yang sama, karena kita adalah saudara sebangsa setanah air. “Tidak ada lagi 01 dan 02, tidak ada lagi cebong dan kampret, yang ada adalah Garuda Pancasila. Mari kita rajut persatuan Indonesia dalam memajukan negara ini menghadapi persaingan antar negara yang semakin ketat.”

Sementara, Prabowo juga menegaskan kita bersaudara dan berkawan. Kadang-kadang bersaing dan saling mengkritik, ini tuntutan demokrasi. Kita sama-sama anak bangsa dan patriot, dan ingin berbuat yang terbaik untuk anak bangsa.

“Ada yang bertanya kenapa Pak Prabowo belum mengucapkan selamat kepada Pak Jokowi. Saya ada ewuh pakewuh, saya inginnya mengucapkan selamat secara langsung. Selamat bekerja, selamat tambah rambut putih. Menjadi presiden itu adalah mengabdi. Masalah yang dipikul besar, saya siap membantu untuk kepentingan rakyat.Saya berpendapat antara pemimpin hubungan baik, kita bisa saling mengingatkan. Saya setuju tidak lagi cebong dan kampret. Semuanya merah putih,” tegas Prabowo yang kemudian memeluk Jokowi. Terdengar teriakan masyarakat yang menyaksikan momen ini dengan terharu.

Selanjutnya Jokowi dan Prabowo melakukan santap siang besama di Restoran Mall MX Sudirman. Nampak dalam ruang restoran antara lain Ketua TKN Erick Tohir, Seskab Pramono Anung, Kepala BIN Budi Gunawan, Waketum Gerindra Edi Prabowo dan Sekjen Ahmad Muzani. Pertemuan berlangsung selama satu jam, selanjutnya Prabowo meninggalkan lokasi terlebih dahulu dan sempat berbincang dengan wartawan.

Sementara itu pengamat politik, Yunarto Wijaya memaknai pertemuan ini dengan positif. “Maknanya,dengan masuk di MRT, itu tidak sekedar bertemu tetapi juga bergerak bersama untuk perjalanan bangsa ke depan. Kedua, pertemuan tidak berjarak dengan masyarakat, jadi mewakili masyarakat menyeluruh. Sehingga jangan hanya diawali pertemuan diantara mereka, tetapi juga diteruskan di akar rumput,” ujar Totok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *