Ming. Sep 25th, 2022

WARTAKADIN

Kabupaten Bekasi

KADIN, HIPMI dan Bank Mandiri Berkolaborasi, Bangkitkan Jiwa Bisnis Pengusaha Muda

2 min read

Kendal, wartakadin. Potensi Pengusaha muda menjadi modal masa depan Indonesia tak kala memiliki jiwa kewirausahaan yang siap menghadapi tantangan persaingan global.

Insting bisnis perlu dibangkitkan dengan berdialog dan berdiskusi dengan para seniornya termasuk dengan lembaga di bidang ekonomi.

Melalui ivent Pekan Raya Kendal, adalah momen strategis untuk berkolaborasi untuk membangun komunikasi dan tukar menukar ilmu dan pengalaman kepada para pengusaha muda khususnya di Kabupaten Kendal.

KADIN, HIPMI dan Bank Mandiri dalam ivent Pekan Raya Kendal tidak hanya tampil dalam stand saja, tetapi berkolaborasi yang mengundang pengusaha muda mengajak diskusi bidang ekonomi dan bisnis.

Diskusi dilakukan di stand Bank Mandiri Kendal Expo pada Senin (25/7/2022) yang menampilkan Zakki, mewakili KADIN Kendal dan diperkuat para pembicara seperti Kepala Bank Mandiri Sigit, Ketua Bidang Keuangan dan Perbankan BPC HIPMI Kendal Abi Daulah.

Diskusi memfokuskan pembicaraan mengenai banyaknya potensi pengusaha muda, terutama di bidang ekonomi kreatif. Sementara, KADIN mengajak HIPMI berkolaborasi dalam hal pengembangan dan pengelolaan usaha. Zakki mengatakan, apabila kolaborasi terbangun, KADIN dan HIPMI bisa saling mengisi untuk menggerakkan sentra usaha secara struktural.

Di KADIN kata Zakki, selalu membuka ruang yang seluas-luasnya untuk pengusaha terutama pengusaha muda.

“Organisasi ini butuh orang yang kober atau memiliki waktu untuk mengurus organisasi ini. Bagi temen-temen HIPMI dipersilahkan kedepan bisa melanjutkan estafet di KADIN,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, juga katakan, sekiranya KADIN dan HIPMI mempunyai konsep berfikir yang sama bisa menjadi potensi lebih besar untuk menggerakkan usaha bersama untuk memperkuat organisasi yang lebih bermanfaat dalam membangun ekonomi di Kendal.

“Untuk itu, kita kedepan harus lebih banyak menjalin kerjasama dengan stakeholder, seperti dengan dinas-dinas terkait dalam pemerintahan untuk membentuk ekosistem ekonomi yang lebih baik bisa bermanfaat bagi masyarakat setempat,” ungkapnya.

Di sisi lain, Abi Daulah mengutarakan, dalam membuat kegiatan itu perlu persiapkan konsep dan perencanaan untuk menggandeng KADIN dan Perbankan. Karena menurutnya, era sekarang pengusaha muda sudah banyak yang terjun di ekonomi kreatif yang butuh jejaring sosial, mentor dan akses modal.

“Hari ini bisa kita lihat, anak muda banyak sekali terjun di sektor ekonomi kreatif, seperti fotografi dan videografi, ataupun panggung music. Meski terlihat masih ada beberapa pengusaha muda yang memiliki potensi dalam pengembangannya terkendala untuk mengakses permodalan. Hal tersebut sempat mencuat di media. Kalau lagu atau konten mereka bisa dijaminkan, meskipun masih dikaji, mungkin Bank Mandiri bisa membantu. Demikian pula dengan KADIN Kendal, kami menyambut baik kolaborasi ini karena bagaimanapun kami anak muda juga butuh bimbingan mentor ayahanda dari senior pengusaha KADIN untuk naik kelas dan menambah jejaring,” pungkas Abi.

Dari Kepala Cabang Bank Mandiri Kendal Sigit menambahkan, terkait adanya dua organisasi besar pengusaha ini bisa menjalin kerjasama dengan Bank Mandiri Kendal, selain untuk menambah modal, Bank Mandiri juga dapat sosialisasi tentang literasi keuangan kepada para pengusaha muda atau pun UMKM untuk Go Digital seperti dalam misi Bupati Kendal.

“Tentang konten kreator ataupun musisi yang hari ini sedang mencuat bahwasanya konten atau lagu mereka bisa dijaminkan dan masih dikaji untuk dilihat hasilnya sebelum diputuskan. Sedang untuk KADIN dan HIPMI, kami dari Bank Mandiri tidak hanya siap kerjasama secara akses modal tetapi juga sosialisasi tentang literasi keuangan yang baik, bahkan bisa hadir di HIPMI. Kami hadirkan pula Perguruan Tinggi dengan mahasiswa yang paham tentang literasi keuangan yang baik. Kemudian Bank Mandiri yang mendorong UMKM Go Digital. Yaitu, pembayaran melalui QRIS untuk mengurangi transaksi debit. Karena Go Digital ini juga bagian dari misi Bupati,” ucap Sigit.

Diskusi hangat ini diikuti beberapa pengusaha muda yang banyak latar belakangnya, seperti start up situs pencari kerja swadaya27.com, penerbit Ernest, kontraktor, barbershop dan lainnya dilanjutkan foto bersama serta perbincangan bisnis yang lebih menarik di stand KADIN, HIPMI, dan Bank Mandiri Kendal Expo 2022. Sriyanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos-pos Terbaru