Sen. Nov 28th, 2022

WARTAKADIN

Kabupaten Bekasi

KADIN KAB. BEKASI APRESIASI TERBENTUKNYA RUMAH ASPIRASI CSR (RA-CSR) SEBAGAI SOSIAL KONTROL MASYARAKAT TERKAIT PROGRAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT YANG LAHIR MELALUI ANGGARAN CSR PERUSAHAAN

2 min read

Cikarang||Warta Kadin.

Pengurus Sekretariat Pusat RA-CSR Pemerhati kawasan Industri Berkunjung ke Kamar Dagang Indonesia dan Industri (Kadin) Kab. Bekasi dalam rangka menjalin silahturahmi dan penguatan program sinergiitas guna mendalami sejauh mana program CSR perusahaan kawasan industri berdampak pada masyarakat Kabupaten Bekasi, Masyarakat lingkar kawasan. (Jumat 4-02-2022).

Pada sesi diskusi ketua KADIN Kab. Bekasi menyampaikan pandangannya, menurutnya sepanjang kegiatan RA-CSR terbangun atas dasar spirit kebersamaan untuk memberikan asesment positif terkait tata kelola CSR di Kabupaten Bekasi, memberikan indek persepsi sejauh mana CSR memiliki daya dobrak dalam memberdayakan masyarakat, Hal itu menurut pandangan saya sah-sah saja,”ujar Heri Noviar,

“Karena keingintahuan publik terkait informasi berbasis publik, dilindungi oleh undang-undang, yaitu (UU Nomor 14 tahun 2009 tentang keterbukaan informasi publik,” pungkasnya, menyampaikan kepada awak media.

Heri Noviar juga sangat mengapresiasi terhadap gerakan yang dilakukan RA-CSR Pemerhati Kawasan Industri sebagai sosial kontrol CSR di perusahaan khususnya Kab. Bekasi.

Dalam pandangannya selaku Ketua Kadin Kab. BekasiĀ  melalui lembaga Kadin, dirinya akan mendorong kepada pemerintah daerah agar aturan yang yang ada terkait CSR direview kembali, karena bicara CSR adalah bicara manfaat yang benar-benar harus dirasakan oleh masyarakat sekitar kawasan, namun bagusnya menurut Heri Noviar pemanfaatan CSR orientasinya tidak konsumtif, tapi harus mampu melahirkan komunitas masyarakat produktif, dan ini substansi dari CSR yang sesungguhnya,”imbuhnya.

Sudah saatnya perusahaan yang ada di Kabupaten Bekasi harus tertib mengikuti aturan CSR sebagai bentuk moral Hazard dari dampak keberadaan perusahaan dikawasan industry, ujar Ketua Kadin Kab. Bekasi.

Dalam Pertemuan ini juga dihadiri Inisiator RA-CSR Pemerhati Kawasan Industry yang juga menyoroti beberapa perusahaan yang masih banyak tidak disiplin dalam hal CSR.

Esthomihi atau Pria yang biasa disapa Bang uchok juga memberikan komentar bahwa dalam waktu dekat kita akan mendorong lahirnya forum bersama yang melibatkan Instansi pemerintah dan perusahaan untuk membahas CSR secara serius.

Karena CSR itu harus transparan serta bisa dinikmati publik dan bukan hanya kelompok tertentu saja. Yang kita lakukan ini adalah salah satu pengamalan Pancasila yaitu Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia. tutupnya.

Direktur Sekretariat Pusat RA-CSR Pemerhati Kawasan Industry juga meminta kepada Kadin Kab. Bekasi Untuk Ikut membina dan memberikan saran serta Masukan kepada RA-CSR Pemerhati Kawasan Industry sebagai bentuk bimbingan kepada kami agar apa yang kami lakukan tidak bertentangan dengan aturan-aturan hukum”, Ujar Suganda yang kerap disapa Bang Aling.

(Zeanal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos-pos Terbaru