Sen. Nov 28th, 2022

WARTAKADIN

Kabupaten Bekasi

KADIN KABUPATEN BEKASI BERSAMA APINDO HADIR DI PEMBUKAAN PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI A GELOMBANG II BBPVP

3 min read

Cikarang||Warta Kadin.

Kadin Kabupaten Bekasi yang diwakili Direktur Eksekutif KADIN, Jhon Sony menghadiri undangan acara Pembukaan Pelatihan Berbasis Kompetensi A.gelombang II Binaan Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) Bekasi di Jl.KH.Agus Salim No.206 Bekasi Timur-Kota Bekasi Jumat, 27 Mei 2022.

Pantauan Warta Kadin hadir dalam kesempatan tersebut, Ir. Rachmat Taufik Garsadi, M.Si. Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Barat, Kepala Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) Bekasi, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Bekasi, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bekasi, Yono Perwakilan Kadin Kota Bekasi, Jhon Sony Perwakilan Kadin Kabupaten Bekasi, Dewi Perwakilan APINDO Kabupaten Bekasi yang juga sebagai HR Manager di PT. MATTEL, Ketua APTISI Wilayah IV, Ketua Forum Komunikasi Lembaga Pelatihan Industri Daerah (FKLPI-D), Direktur PT. Trainer Management Indonesia, Direktur PT. Duta Hita Jaya, Para Pejabat Struktural Eselon III dan IV, serta Pejabat Fungsional dan Pelaksana di lingkungan Balai Latihan Kerja Kompetensi.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Jawa Barat, menjelaskan latar belakang pemikiran tentang kegiatan ini, yang lebih disebabkan karena beberapa kondisi. Beliau memprihatinkan jumlah angka pengangguran terbuka di Jawa Barat yang mencapai kisaran angka 8,35% (TPT Provinsi Jawa Barat Periode Februari 2022).

Kepada Wartakadin, Kadisnakertrans mengungkapkan penyebab tingginya pengangguran karena rendahnya kompetensi yang dimiliki pencari kerja. Adanya gap atau jurang pemisah antara kualifikasi kompetensi yang dimiliki oleh pencari kerja dengan yang dibutuhkan oleh dunia industri. “Maka dari itu Kami terus mencari jalan keluar, agar pengangguran bisa teratasi melalui program latihan kerja berbasis kompetensi,” ujar Rachmat Taufik Garsadi.

Masih lanjutnya, berangkat dari semangat mencari solusi tersebut, dengan merujuk pada aturan perundang-undangan yang ada, Alhamdulillah, akhirnya, kegiatan Pelatihan berbasis kompetensi sudah berjalan di gelombang II. Kadisnakertrans menyampaikan aturan pelaksanaan kegiatan ini, yaitu berdasarkan pada Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan, Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah, Peraturan Pemerintah Nomor 31 Tahun 2006 Tentang Sistem Pelatihan Kerja Nasional, Permenaker Nomor 08 Tahun 2014 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Pelatihan Berbasis Kompetensi, Permenaker Nomor 02 Tahun 2016 Tentang Sistem Standarisasi Kerja Nasional, Peraturan Gubernur Jawa Barat Nomor 78 Tahun 2017 Tentang Tugas Pokok, Fungsi, Rincian Tugas Unit Dan Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis Dinas Di Lingkungan Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Provinsi Jawa Barat, Petunjuk Operasional Kegiatan (POK) Program Pendidikan dan Pelatihan Vokasi, DIPA Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) Bekasi Tahun 2022. Ditambah lagi penguatannya dengan terbitnya *PERPRES NOMOR 68 TAHUN 2020 TENTANG REVITALISASI PENDIDIKAN VOKASI DAN PELATIHAN VOKASI*

Sementara itu menurut Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Jawa Barat, tujuan diadakannya pelatihan berbasis kompetensi ini adalah meningkatkan kualitas keterampilan dan kreativitas serta kompetensi Sumber Daya Manusia Jawa Barat khususnya. Adapun sasaran adalah Peserta Yang Mengikuti Pelatihan Berbasis Kompetensi Binaan Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) Bekasi Angkatan II tahun 2022 berjumlah 80 orang, yang berasal dari Kabupaten/Kota di Jawa Barat, terdiri dari Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Indramayu, Kota Depok, Kabupaten Bogor, Kabupaten Garut, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Karawang, Kabupaten Purwakarta.

Dalam kesempatan yang sama, Kabalai BBPVP, Rudi Rudibulah, S.Sos, M.M. Pembina Tk. I, NIP. 19651025 1990003 1 005, menyampaikan jumlah peserta Pelatihan Berbasis Kompetensi Binaan Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) Bekasi Angkatan II terdiri dari 80 orang, sesuai dengan Kejuruan dan Jangka Pelatihan (JP), seperti

1.Teknisi AC Residential 16 orang (1 Paket) 240 JP

2. Pengelola Administrasi Perkantoran 16 orang (1 Paket) 260 JP

3.Operator Komputer Muda 16 orang (1 Paket), 260 JP

4.Service Sepeda Motor Konvensional 16 orang (1 Paket) 280 JP

5.Pengoperasian Mesin CNC, 16 orang (1 Paket), 360 JP

WAKTU DAN TEMPAT PELATIHAN

1. Waktu pelaksanaan Pelatihan Berbasis Kompetensi Binaan Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) Bekasi A.II yaitu 26 hari efektif, terhitung mulai tanggal 23 Mei s.d 29 Juni 2022, untuk paket program: Teknisi AC Residential sebanyak 16 Orang.

2 Waktu pelaksanaan Pelatihan Berbasis Kompetensi Binaan Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) Bekasi A.II yaitu 28 hari efektif, terhitung mulai tanggal: 23 Mei s.d 01 Juli 2022; untuk paket program: Pengelola Administrasi Perkantoran sebanyak 16 orang

3. Waktu pelaksanaan Pelatihan Berbasis Kompetensi Binaan Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) Bekasi A.II 28 hari efektif, terhitung mulai tanggal: 23 Mei s.d 01 Juli 2022; untuk paket program: Operator Komputer Muda sebanyak 16 orang

4. Waktu pelaksanaan Pelatihan Berbasis Kompetensi Binaan Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) Bekasi A.II 30 hari efektif, terhitung mulai tanggal: 23 Mei s.d 05 Juli 2022; untuk paket program: Service Sepeda Motor Konvensional sebanyak 16 orang.

5. Waktu pelaksanaan Pelatihan Berbasis Kompetensi Binaan Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) Bekasi A.I 36 hari efektif, terhitung mulai tanggal: 23 Mei s.d 15 Juli 2022; untuk paket program: Pengoperasian Mesin CNC sebanyak 16 orang.

OUTCOME

Meningkatkan kompetensi, keterampilan, kualitas dan kreativitas para pencari kerja yang telah dilatih.

BENEFIT

Para pencari kerja yang telah dilatih akan lebih terarah dalam pencarian kesempatan kerja yang disesuaikan dengan keahlian yang dimiliki, adapun terkait Instruktur/Pengajar, Para instruktur/pengajar berasal dari Balai Latihan Kerja Kompetensi dan kalangan profesional dari dunia industri (js)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos-pos Terbaru