Kam. Sep 23rd, 2021

WARTAKADIN

Kabupaten Bekasi

KADIN KABUPATEN BEKASI DUKUNG PROGRAM WARUNG NKRI DI CLUSTER INDUSTRI

3 min read

 

Jakarta||Warta Kadin.
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol Drs. Boy Rafli Amar, M.H, membahas dan merangkul Kadin Kabupaten Bekasi, Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Bekasi Raya, dan Ikatan Praktisi HRD Provinsi Jawa Barat, di Kantor BNPT RI, Gedung BUMN, Jakarta Pusat, Rabu (04/08/2021) siang.

Program pembahasan yang disampaikan oleh Kepala BNPT RI tersebut adalah program Warung NKRI, hadir dalam diskusi, Jon Soni Direktur Eksekutif Kadin Bekasi, Doni Ardon ketua SMSI Bekasi Raya dan RR. Meylani Aseaningrum Bendahara Ikatan HRD Jawa Barat.

Didirikannya Warung NKRI ini sebagai wahana dialogis yang dibangun untuk merawat dan menjaga nilai-nilai kebangsaan didalam lingkup kementerian, lembaga, Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT), masyarakat, perguruan tinggi dan komunitas di seluruh Indonesia,” kata Kepala BNPT RI.

Dilibatkannya KADIN Kabupaten Bekasi, SMSI Bekasi Raya dan Ikatan HRD dalam gelaran Warung NKRI tersebut diharapkan turut merumuskan konsep strategis, terutama dalam menangkal paham radikalisme khususnya di cluster industri, SMSI Bekasi Raya dengan jejaring medianya, KADIN bersama perusahaan yang bernaung dibawahnya serta Ikatan HRD yang bersentuhan langsung dengan karyawan, dapat memudahkan BNPT RI dalam memperkuat, menanamkan dan memperteguh nilai-nilai kebangsaan kepada masyarakat industri, khususnya,” kata Boy Rafli.

Masih menurutnya, nilai-nilai kebangsaan perlu dijaga dengan baik karena kemerdekaan yang kita nikmati dan rasakan saat ini, bukanlah sebuah hadiah cuma-cuma, kemerdekaan tidak diraih dengan mudah, akan tetapi melalui perjuangan para pahlawan bangsa.

Oleh sebab itu “Warung NKRI dihadirkan sebagai cara damai, dan bagian dari salah satu cara dan solusi sebagai kontra persepsi dalam melawan narasi-narasi liar bermuatan ujaran kebencian yang memecah belah bangsa dengan menyebarkan berita bohong dan propaganda radikalisme dan terorisme ditengah masyarakat, diantaranya klaster masyarakat industri” ujar kepala BNPT tersebut.

“Narasi liar bermuatan kebencian, tidak mengakui konstitusi dan ideologi negara kita begitu masif. hal itu Jangan sampai terjadi, kemudian mempengaruhi generasi muda dan warga negara indonesia, yang pada akhirnya menjadi korban propaganda mereka,” Ungkap Boy Rafli.

Pada kesempatan bicara Ketua SMSI Bekasi Raya, Doni Ardon menyatakan media siber yang tergabung dalam SMSI akan bersepakat bekerjasama dan membantu BNPT RI dalam mensosialisasikan program WARUNG NKRI dan paham-paham kebangsaan yang ada didalamnya.
Menurut Pak Boy, panggilan akrabnya, Kita akan kemas Warung NKRI ini di bulan September 2021, di sentra kawasan Industri, menyajikan Dialog Aktif secara langsung dan secara daring, dan diharapkan masyarakat industri dapat terlibat di dalamnya, ikut berdialog atau sekedar menontonnya melalui wabinar, Zoom meeting, Youtube, Facebook, Instagram dan sejenisnya.

Sementara Direktur Eksekutif Kadin, Jon Soni mengatakan bahwa acara kegiatan ini sangat penting sebagai bentuk peduli kita sebagai anak bangsa, karena kita bisa saling menyebarluaskan manfaat yang didapat berupa solusi kebangsaan dalam program WARUNG NKRI ini.

Komitmen senada disampaikan juga oleh Ketua SMSI Bekasi Raya. di hadapan Kepala BNPT RI Komjen Pol Drs. Boy Rafli Amar, M.H, bahwa SMSI siap menjadi bagian yang ikut memelihara paham kebangsaan sebagai pandangan hidup.

Selanjutnya Jon Soni akan mengkoordinasikan hal tersebut kepada Ketua KADIN Kabupaten Bekasi Heri Noviar agar dikomunikasi selanjutnya kepada ketua KADIN Provinsi Jawa Barat dan Pusat, agar Kadin secara nasional mendukung dan mensukseskan program WARUNG NKRI.

Menurutnya “Saat ini dikabupaten Bekasi sudah terdaftar sebanyak 1.800 perusahaan dalam keanggotaan KADIN dan 400 selebihnya dalam kondisi aktif, sebagai mitra pemerintah Kadin akan mensosialisasikan kepada para pengusaha untuk mensukseskan program WARUNG NKRI ini,” kata Jon Soni.

Sementara, bendahara Ikatan Praktisi HRD Provinsi Jawa Barat, RR Meilani Aseaningrum memastikan rekan-rekan sesama HRD akan turut dilibatkan dalam pelaksanaan Warung NKRI di Bekasi.

“Saya akan mengundang temen-temen HRD untuk datang ke Warung NKRI, baik secara langsung ke lokasi maupun menontonnya secara live streaming,” ucap Meilana.
Terlebih lagi apabila sosok Komjen Boy Rafli Amar hadir sebagai pembicara dalam pelaksanaan Warung NKRI tersebut.

Pengurus Forum HRD Kabupaten Bekasi yang menjabat HR/GA & Legal Manager PT Nippo Mechatronics Indonesia ini berharap kehadiran BNPT RI di cluster industri Bekasi dan Jawa Barat dapat memangkas paham-paham radikalisme dan ajaran-ajaran sesat yang mulai tumbuh kembali di lingkungan karyawan perusahaan industri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *