Ming. Agu 1st, 2021

WARTAKADIN

Kabupaten Bekasi

Kadin Kabupaten Bekasi Siap Bantu Kemudahan Akses Bisnis Terintegrasi Melalui ERP Untuk Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI)

2 min read

 

TEKNOLOGI SELALU MEMBAWA KEMUDAHAN

Cikarang || Warta Kadin

Wakil Ketua Bidang Pendidikan dan Sumber Daya Manusia, KADIN Kabupaten Bekasi pada Komtap Bidang IT dan Teknologi Terapan memperkenalkan sebuah aplikasi yang diberi nama ERP, Enterprise Resource Planning (ERP)
Projek ini sedang dikerjakan di PT. NUSA TOYOTETSU ENGINEERING Kawasan Industri Mitra (KIM) Karawang.

ERP adalah sebuah aplikasi manajemen bisnis yang memudahkan pengelolaan bisnis secara terintegrasi. Dewasa ini perusahaan memperhitungkan ERP sebagai bagian penting dari suatu organisasi. ERP mengintegrasikan berbagai sistem informasi di dalam perusahaan. ERP mampu menyediakan informasi secara real-time tentang proses bisnis inti perusahaan seperti produksi, order processing, dan inventory management. ERP memantau sumber daya perusahaan seperti uang, bahan mentah, kapasitas produksi, dan pegawai. ERP dipergunakan untuk mengelola status komitmen bisnis yang dibuat misalnya customer orders, purchase orders, and employee payroll. Dengan ERP data dapat dimasukkan ke dalam sistem dari berbagai departemen (manufacturing, purchasing, sales, accounting, dsb.) ERP mengelola data secara sentral sehingga hanya perlu sekali saja memasukkan data untuk selanjutnya dimanfaatkan oleh berbagai proses bisnis lainnya. ERP melancarkan arus informasi yang berjalan lintas fungsi di dalam organisasi sampai kepada hubungan dengan para stake holder di luar perusahaan.

Pada awalnya ERP berfokus untuk otomasi fungsi-fungsi back-office misalnya seperti akuntasi dan keuangan, pembelian (pengadaan procurement) dan pergudangan, logistik produksi dan perawatan, sales dan distribusi, dan penggajian dan kepegawaian. Kemudian fungsi front-office juga dimasukan ke dalam ERP seperti CRM (Customer Relationship Management) dan SRM (Supplier Relationship Management). Penerapan teknologi internet portal di dalam ERP memungkinkan perusahaan melakukan berbagai ragam kolaborasi. Baik kolaborasi antar pegawai di dalam perusahaan maupun kolaborasi perusahaan dengan para rekan bisnisnya. Perkembangan selanjutnya ERP juga memasukkan/mengintegrasikan komponen BI (Business Intelligence) dan Management Cockpit. Dengan komponen seperti itu maka ERP dapat menjadi satu solusi komplit untuk menjawab kebutuhan sistem informasi yang terintegrasi bagi perusahaan. Pada intinya ERP menolong perusahaan untuk bekerja lebih efisien dengan meminimumkan (atau bahkan menghilangkan) halangan arus informasi antar unit kerja. Selain itu solusi ERP dapat:

1. Memberikan pandangan global, real-time akan data/informasi yang bisa dimanfaatkan secara proaktif untuk pengambilan keputusan dan mendorong perbaikan.

2. Meningkatkan kepatuhan kepada standar peraturan sistem keuangan dan mengurangi resiko.
3. Mengotomasi operasional proses bisnis inti misalnya seperti lead-to-cash, order-to-fulfillment, procure-to-pay, dsb.
4. Meningkatkan layanan pelanggan dengan menyediakan satu sumber untuk penagihan dan relationship tracking.
5. Mengeliminasi redundansi pada proses dan sistem informasi sehinga secara menyeluruh dapat menurunkan biaya operasional.
6. Meningkatkan kualitas kerja dengan mengimplementasikan best practices yang ada di dalam sistem ERP.

(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *