Fri. Apr 23rd, 2021

WARTAKADIN

Kabupaten Bekasi

KEK Menjadi Pendukung Kendal Menjadi Kota Industri

1 min read

Kendal, wartakadin. Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kendal yang dulu bernama Kawasan Industri Kendal (KIK) kedepan menjadi andalan Pemerintah untuk menunjang percepatan dan perluasan pembangunan ekonomi nasional.

KEK Kendal dengan luas lahan 1000 hektar didukung PP.No.85/2019 telah diundangkan sejak 18 Desember 2019 yang memilki keunggulan geoekonomi menjadi kawasan berdekatan dengan Bandara A.Yani, Pelabuhan Tanjung Emas dan jalur Kereta Api Ganda Jakarta – Semarang – Surabaya.

Lahan yang sudah dibebaskan terletak di Kecamatan Kaliwungu, Brangsong dan Kendal Kota terbagi menjadi zona pengolahan export, zona logistik dan zona industri.

Disampaikan Kabid Perizinan dan Non-perizinan mewakili Ka DPMPTSP Kab.Kendal Anang Widiasmoro, SSTP, MM bahwa KEK Kendal sudah 61 Tenan. Sampai dengan Oktober 2020, investasi yang masuk ke Kendal sudah ada 1.321 Million Dollar AS atau Rp.15,8 Triliun.

Perusahaan asing yang sudah masuk berasal dari Singapura, Korea Selatan, Malaysia, China, Hongkong dan Taiwan. “Sementara ini masih banyak lagi yang mau masuk tetapi terkendala Pandemi Covid 19,” terang Mahmud kepada wartakadin yang ditemui di kantornya hari ini (17/12/2020).

Adapun industri yang sudah bergerak di KEK Kendal, antara lain industri sepeda, Jaya Textile, alat-alat kesehatan, mainan anak-anak dan berbagai macam kabel.

Operasional industri yang sudah ada ini, dikatakan Mahmud didukung infrastruktur berupa akses jalan besar, tenaga listrik (PLN) yang berkomitmen untuk mencukupi kebutuhan industri. Gas dari Pertamina sudah ada rencana membuat saluran pipanya. Dan penyediaan air dengan membangun bendung karet kali Blorong dari Kementerian PU.

Terkait dengan kepemimpinan Kendal yang akan datang hasil dari Pilkada Serentak 2020, DPMPTSP Kab.Kendal akan memberikan banyak masukan perihal kebijakan Pemerintah Pusat tentang KEK Kendal sebagai elemen pendukung visi misi pasangan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kendal yang menjadikan Kota Industri dan Pariwisata. (Sriyanto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *