Fri. Oct 23rd, 2020

WARTAKADIN

Kabupaten Bekasi

Kelas Industri Alat Berat PT Komatsu Indonesia Diluncurkan

2 min read

Kelas Industri Alat Berat di PT. Komatsu Indonesia diluncurkan di Cilincing, Jakarta Utara, Rabu (7/8). Kelas ini adalah salah satu langkah strategis dalam menciptakan sumber daya manusia yang kompeten dan siap kerja sesuai kebutuhan industri saat ini.

PT Komatsu Indonesia yang juga memiliki pabrik di Kawasan Industri Jababeka ini merupakan salah satu perusahaan yang terlibat dalam pendidikan vokasi yang diinisiasi oleh Kemenperin sejak tahun 2017, dan sampai saat ini telah mampu menjaring sebanyak 35 SMK di Pulau Jawa.

Acara launching dihadiri oleh Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kementerian Perindustrian, Eko S.A. Cahyanto dan Presiden Direktur PT Komatsu Indonesia, Pratjojo Dewo Sridadi.

Dalam kesempatan tersebut Pratjojo Dewo mengatakan perusahaan telah menjalankan program pendidikan vokasi link and match sebagai bentuk komitmen dalam rangka menyiapakan siswa SMK agar siap kerja di sektor industri alat berat.

“Di setiap sekolah akan ada 35 siswa yang ikut program ini, sehingga setiap tahunnya akan lulus sekitar 1.225 siswa yang akan bisa memenuhi kebutuhan tenaga kerja sektor industri alat berat,” ujarnya.

Sementara, Eko S.A. Cahyanto yakin ketersediaan SDM yang mumpuni akan memacu sektor industri lebih produktif, inovatif, dan kompetitif. “Apalagi, industri manufaktur merupakan penggerak utama perekonomian nasional. Salah satunya ditopang dari industri alat berat,” katanya.

Selanjutnya didampingi Dirut Komatsu, Eko S.A. Cahyanto melakukan peninjauan hasil pengelasan kelas vokasi untuk pendidikan sektor manufaktur alat berat di lokasi tempat praktik PT Komatsu Indonesia.

Dalam kelas industri alat berat tersebut, PT Komatsu Indonesia telah menyusun tiga kompetensi keahlian yang khusus untuk vokasi, yaitu tentang pengelasan, assembling dan pengecoran.

Berdasarkan data Himpunan Alat Berat Indonesia (Hinabi), volume produksi alat berat untuk sektor kontruksi dan pertambangan pada tahun 2015 mencapai 3.535 unit, kemudian meningkat menjadi 7.981 unit pada 2018. Sepanjang semester I/2019, produksi alat berat telah menembus 3.240 unit.

Komatsu Indonesia mencatatkan penjualan alat beratnya sebanyak 465 unit pada Januari 2019, naik 14,8% dari periode yang sama tahun lalu. Pangsa pasar mereka kini mencapai 44%.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *