KIK'
Wed. Apr 1st, 2020

WARTAKADIN

Kabupaten Bekasi

Kembangkan Potensi Wisata Kendal Melalui Pendirian Koperasi

2 min read

Ketua Klaster Pariwisata Kabupaten Kendal Slamet Haryanto juga mantan Kades Curugsewu Patean Kendal termotivasi setelah membaca Majalah Info Koperasi dan UKM untuk mendirikan koperasi. Dengan didukung 25 orang penggiat pariwisata Kabupaten Kendal telah berdiri koperasi yang diberi nama “Sekar Arum Manunggal” dengan harapan koperasi pariwisata ini cepat tumbuh dan berkembang sesuai dengan namanya.

Koperasi Pariwisata “Sekar Arum Manunggal” beralamat di Jl. Pari kesit Desa Blimbing RT 01/RW 01 Kecamatan Boja Kabupaten Kendal bermodalkan Rp. 19.250.000,- berasal dari simpanan pokok anggota sebesar Rp. 500.000,- dan simpanan wajib Rp. 150.000,- dengan bidang usaha seperti: Jasa Tour & Travel, Event Organizer (IO), Wedding Organizer (WO), Industri dan Perdagangan, serta kuliner dan handycraf.

Yang menjadi pembina koperasi adalah Kades Blimbing Sutrisno, pengawas keuangan Slamet Haryanto, ketua Sriyanto dan diharapkan Susanto Wedi Pemimpin Umum/Pemimpin Perusahaan Majalah Info Koperasi dan UKM juga bertindak sebagai Top Manajemen Kospin Artha Jateng bersedia menjadi bapak angkat Koperasi “Sekar Arum Manunggal”.

Adapun tujuan pendirian koperasi pariwisata ini, kata Slamet Haryanto, karena melihat potensi wisata Kendal yang begitu besar tetapi kurang mendapatkan dukungan Pemkab. Kendal maupun birokrasi. Untuk itu harus berani mandiri dengan lakukan lompatan maju bersama-sama menjadi satu kekuatan pendorong pariwisata Kendal khususnya desa-desa wisata lebih dikenal luas serta memiliki daya tarik wisatawan dari dalam dan luar negeri. Selama ini keberadaan desa wisata bergerak dengan kekuatan sendiri-sendiri yang sering berbenturan dengan birokrasi saat lakukan promosi atau dalam upaya pengembangannya.

Slamet Haryanto menunjukkan salah satu Home stay yang dibangun di desa Curugsewu.

Lebih lanjut dikatakan, koperasi itu adalah salah satu bentuk usaha yang tidak harus memiliki modal besar tetapi terbangun dari semangat kebersamaan yang bercita-cita ingin maju secara mandiri, tidak dimiliki orang perorang tetapi dari dan untuk anggotanya. Karena tantangan kedepan, jelas harus mengikuti perkembangan teknologi dan komunikasi, demikian pula koperasi yang rencana akan dilaunching setelah hari Lebaran akan mendapatkan dukungan Pemkab. Kendal dan OPD terkait. Demikian harapannya. (Sriyanto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *