April 14, 2024

WARTAKADIN

Kabupaten Bekasi

Kemenhan RI Berikan Pembekalan Bela Negara Kepada Perangkat Desa Di Kendal

2 min read

Kendal, wartakadin.com Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) terus dijaga dari ancaman perpecahan dan adu domba, untuk itu penanaman kecintaan terhadap negara terus digalakkan melalui kegiatan sosialisasi bela negara kepada semua elemen bangsa dan aparat pemerintahan di tingkat desa.

Sosialisasi bela negara kali ini dilakukan oleh Kementerian Pertahanan (Kemenhan) Republik Indonesia kepada para Perangkat Desa di Kabupaten Kendal pada Rabu (20/09/2023) bertempat di Hotel SAE INN Kendal.

Kegiatan ini dihadiri oleh Dirjen Potensi Pertahanan, Kementerian Pertahanan RI, Mayjen. TNI Mohammad Fajar, MPICT, Direktur Bela Negara, Direktorat Jenderal Potensi Pertahanan, Kementerian Pertahanan RI, Brigjen. TNI G. Eko Sunarto, S.Pd, M.Si, Kasubdit Lingja, Direktorat Bela Negara, Ditjen Pothan, Kementerian Pertahanan RI, Dr. S.R.M. Indah Permata Sari, ST, MM, dan Kasi Analisa – Evaluasi, Subdit Lingja Direktorat Bela Negara, Ditjen Pothan, Kementerian Pertahanan RI Letkol Kal Toto Istanto, SE, M.Si.

Sosialisasi Bela Negara diikuti oleh ratusan Kepala Desa di Kabupaten Kendal yang dihadiri pula Wakil Bupati H. Windu Suko Basuki, Forkopimda Kendal, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Provinsi Jawa Tengah, Perwakilan Dinas Kominfo Provinsi Jawa Tengah, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Jawa Tengah dan Para Kepala OPD terkait di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kendal serta Ketua PPDI Kendal, Khumaidi.

Dirjen Potensi Pertahanan Kementerian Pertahanan RI, Mayjen TNI, Mohammad Fadjar mengatakan, Kabupaten Kendal menjadi wilayah yang dekat dengan Kota Semarang sebagai penyangga Jawa Tengah dengan indeks pembangunan cukup baik yang didukung oleh potensi industri yang pesat, mendorong pertumbuhan ekonomi untuk menjadi salah satu penyangga ekonomi Jawa Tengah.

“Tentunya, kemajuan daerah ini harus diimbangi dengan kesadaran bela negara, sehingga masyarakatnya termotivasi untuk bisa berfikir lebih baik dan mampu menangkis berbagai bentuk ancaman seperti perpecahan,” tutur Mayjen TNI Mohammad Fadjar.

Harapannya dengan kegiatan bela negara ini, masyarakat Kendal akan terus mampu menjaga kesatuan dan persatuan dan memiliki satu visi dalam mencapai target-target pembangunan seperti yang diharapkan oleh Pemerintah Kendal.

Memilih perangkat desa untuk diberikan pembekalan bela negara karena peran perangkat desa sangatlah penting dan menjadi garda terdepan bagi masyarakat di wilayah desanya masing-masing. Selain itu, bahwa bangunan negara yang kokoh itu bukan hanya berbentuk bangunan fisik dan non fisik saja tetapi adalah kecintaan terhadap negara. Maka, diharapkan kepada para perangkat desa bisa memiliki wawasan yang luas agar bisa membangun kesadaran bela negara dari warga di desanya sendiri.

Sementara itu, Wakil Bupati Kendal, Windu Suko Basuki menyampaikan ucapan terima kasih dan mengapresiasi Kemenhan yang sudah memberikan wawasan dan edukasi kepada masyarakat Kendal tentang bela negara.

“Setelah mendapatkan pengetahuan tentang bela negara, diharapkan para perangkat desa akan lebih bersemangat membangun lingkungan dan pengabdiannya kepada masyarakat yang hal itu mendasari sikap bela negara untuk terus diimplementasikan setiap saat,” tegasnya.

Sebagai Ketua Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kendal, Khumaidi mengungkapkan rasa syukurnya bahwa aparat desa telah menjadi garda terdepan dalam pertahanan negara. “Kami menyampaikan terima kasih dengan adanya kegiatan bela negara ini untuk menjadi bekal Kami memajukan pembangunan dan melayani masyarakat desa,” tuturnya.

Ia juga berharap, kegiatan ini bisa terus berlanjut yang menfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat khususnya yang berada di wilayah pedesaan. Sriyanto

About Post Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *