Sen. Jun 14th, 2021

WARTAKADIN

Kabupaten Bekasi

Kendal Diguncang Gempa Bumi Tektonik Berkekuatan M : 3,4

1 min read

Kendal, wartakadin. Di wilayah Kabupaten Kendal dan sekitarnya, Selasa pagi (25/5/2021) pada pukul 09.10,54 WIB diguncang gempa bumi tektonik.

Hasil analisis BMKG, menunjukkan gempa bumi ini memiliki kekuatan M : 3,4. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 7,66 Lintang Selatan dan 109,94 Barat Tengah. Atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 17 KM arah Barat Daya Weleri Kendal, Jawa Tengah pada kedalaman 5 KM.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menjelaskan, Jenis dan mekanisme gempa bumi dengan memperlihatkan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya. Dimana gempa bumi yang terjadi di wilayah Kabupaten Kendal merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas di sesar Weleri.

Selanjutnya dari hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik mendatar (Oblique Fault).

Adapun dampak gempa bumi ini dirasakan di daerah kecamatan Plantungan, Sukorejo III MMI dan di wilayah kecamatan Bawang Kabupaten Batang III MMI.

Hingga kini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut.
Dengan terjadinya gempa bumi ini, kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.
Warga tetap siaga agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah” Demikian BMKG mengingatkan.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http./www.bmkg.go.id atau inatews.go.id). Atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android) : wrs-bmkg (user: pemda,; pwd: pemda-bmkg) atau infobmkg.

Demikian Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara Setyo Ajie Prayoedhie menginformasikan. (Sriyanto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *