Sen. Jan 17th, 2022

WARTAKADIN

Kabupaten Bekasi

Kesbangpol Prov. Jateng Gelar Kegiatan Penguatan Dan Pengembangan Ideologi Pancasila Di Kendal

2 min read

Kendal, wartakadin. Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Jawa Tengah hari ini (20/12/2021) menggelar kegiatan penguatan dan pengembangan ideologi Pancasila dengan topik “Merawat Kebhinekaan Menjaga NKRI” di Tirto Arum Baru Kendal.

Kegiatan ini diikuti sekitar 60 orang berasal dari kaum buruh, pelaku UMKM, dan Jurnalis wilayah kabupaten Kendal untuk diberikan pembekalan pemahaman wawasan kebangsaan dari narasumber Ka Kesbangpol Prov. Jateng Kairudin, Sekjen Forum Pengusaha Kendal (FPK) Agus Umar, Ketua LBH Miftahul Jannah Kendal Junaedi SH dan Ketua Paguyuban UMKM Kendal Delta Leksi.

Ka. Kesbangpol Prov. Jateng Kairudin paparkan terkait gejolak kaum buruh yang menuntut kenaikan upah regional setiap tahun dengan aksi demo itu sah-sah saja.

Karena masalah buruh itu juga masalah kita untuk dicarikan solusi yang berimbang yang bisa menjawab kepentingan pengusaha dan buruh di Jawa Tengah dan di Indonesia.

Kairudin juga katakan, untuk memenuhi tuntutan buruh itu Kesbangpol juga menekan APINDO Jateng untuk bisa menaikan upah buruh regional. “Ternyata persoalan itu tidak hanya masalah upah buruh saja tetapi ada permasalahan lainnya seperti tuntutan kesejahteraan buruh yang meminta untuk dipenuhi oleh buruh-buruh di Jawa Tengah,” tambahnya.

Kairudin juga menyinggung wawasan kebangsaan itu perlu terus disosialisasikan untuk mendorong masyarakat dalam penguatan dan pengembangan ideologi Pancasila.

Beda pendapat tidak perlu memunculkan konflik sosial tetapi beda pendapat untuk saling melengkapi untuk membangun NKRI lebih kuat dan jaya. “Cinta kepada pemerintah, bangsa dan negara harus terus ditumbuhkan khususnya kepada generasi muda yang masih labil,” tegas Kairudin.

Sementar Ketua LBH Miftahul Jannah Kendal Junaedi SH, memaparkan dalam membangun paham wawasan kebangsaan untuk mewujudkan kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia. Yakni dengan membangun karakter bangsa bagi kaum muda untuk cinta tanah air, cinta produk dalam negeri dan budaya bangsa sendiri. “Wawasan Kebangsaan sudah termaktub dalam pembukaan UUD 1945” tambahnya

“Wawasan kebangsaan menjadi hal mendasar bagi bangsa Indonesia dalam mempersatukan bangsa, cinta tanah air yang berdasarkan UUD 1945 dan Pancasila,” pungkasnya.

Dan kegiatan sehari yang difasilitasi Kesbangpol Prov. Jateng ini diakhiri dengan dialog dan tanya jawab untuk mendapatkan feedback dan masukan bagi Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dalam mengambil kebijakan terkait masalah-masalah sosial yang membutuhkan solusi secara tepat, efektif dan berkeadilan. Sriyanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *