KIK'
Sun. Mar 29th, 2020

WARTAKADIN

Kabupaten Bekasi

Komoditas Perhiasan Indonesia Saatnya Kembali Bersinar

1 min read

Perhiasan merupakan salah satu komoditas andalan bagi peningkatan nilai ekspor nasional. Dari data Kementerian Perdagangan pada Jan–Feb 2018, ekspor perhiasan Indonesia mencapai USD 1,16 miliar, meningkat 59,09% dari periode sama tahun 2017 & telah diekspor ke Singapura, Swiss, Jepang, Hongkong, dan Arab Saudi.

Namun di semester satu 2019 ini menurut data BPS komoditas perhiasan atau permata yang tercatat mengalami penurunan. Ekspor komoditas ini loyo ke Singapura, Jepang hingga Hong Kong.

Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (IKMA) Kemenperin, Gati Wibawaningsih mengatakan saat ini Indonesia menempati peringkat kesembilan dunia sebagai eksportir perhiasan.

Di komoditas perhiasan dunia, Indonesia disebut menguasai pangsa pasar lebih dari 4 persen.“Ini menjadikan peluang bagi industri perhiasan untuk terus memperbesar produktivitas dan memperluas pasarnya sejalan dengan perekonomian yang stabil dan perbaikan iklim usaha kondusif,” tutur Gati.

Lebih lanjut Gati menambahkan, persaingan yang sekarang makin ketat membuat Kementerian Perindustrian fokus memacu kinerja industri padat karya berorientasi ekspor sektor industri perhiasan.

Negara-negara tujuan ekspor di antaranya Singapura, Swiss, Hong Kong, Amerika Serikat (AS) dan Uni Emirat Arab dengan porsi 93,02 persen dari total negara tujuan ekspor produk perhiasan Indonesia.
Kemenperin mencatat, nilai ekspor produk perhiasan Indonesia mencapai US 2,05 miliar atau Rp 28,7 triliun (kurs Rp 14.000) sepanjang tahun 2018.

Kemenperin bertekad menjaga ketersediaan bahan baku sehingga keberlangsungan usaha di sektor industri perhiasan bisa berjalan terus.
Karenanya, Kemenperin berupaya menjaga agar bahan baku perhiasan tidak dikenakan bea masuk.

Beberapa bahan baku yang dibutuhkan, di antaranya emas serta batu permata seperti berlian, zamrud, dan ruby.

Meski sempat mengalami penurunan di awal tahun, komoditas perhiasan diyakini akan kembali bersinar. Apalagi, perhiasan produksi Indonesia terkenal halus menyamai kualitas perhiasan buatan Italia dan China.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *