April 23, 2024

WARTAKADIN

Kabupaten Bekasi

Kompleks Makam Nyi Sedapu Sedang Dibenahi Untuk Bangkitkan Wisata Religi Dan Ikon Boja

2 min read

Boja, wartakadin.com Makam Nyi Sedapu atau yang dikenal Nyi Pandansari yang berada di Kompleks Makam Pahlawan di wilayah Kecamatan Boja Kabupaten Kendal, saat ini sedang dilakukan pembenahan dan upaya peningkatan fasilitas umum berupa pembangunan lorong beratap untuk kenyamanan peziarah dan pengunjung dari luar daerah Boja serta penyediaan areal parkir.

Karena makam Nyi Sedapu selama ini nampaknya kurang mendapatkan perhatian dari masyarakat Boja. Oleh karena itu, keberadaan makam Nyi Sedapu yang sudah menjadi Ikon Wisata Religi Boja perlu dipoles untuk lebih memiliki daya tarik yang layak sebagai wisata religi yang ada di Kabupaten Kendal.

Satu-satunya Ikon Boja ini bisa dikenal luas melalui pementasan tradisi gunungan di bulan Syawal dengan maskot tampilan Figur Nyi Pandansari yang diarak dari halaman kantor Pemerintah Desa Boja yang berjalan keliling hingga berhenti di Kompleks Makam Nyi Sedapu.

Tradisi ini biasanya berlangsung yang dikemas lewat kegiatan Merti Desa dan kemeriahan masyarakat Boja yang merayakan Syawalan di tanggal 7 setelah hari raya Idhul Fitri.

Seperti yang dijelaskan Kepala Desa Boja, Rofiq Anwar kepada wartakadin.com di ruang kerja pada Kamis (22/02/2024), tradisi syawalan dan gunungan ini telah menjadi tontonan dan hiburan masyarakat Boja dan disekitarnya.

Lebih lanjut dikatakan, saat ini sedang mengangkat pecel gablok sebagai Ikon Makanan Khas Boja. Untuk memperkenalkan kepada peminat makanan khas daerah ini, Rofiq Anwar sedang mempersiapkan lokasi tertentu bagi penjual pecel gablok.

Terkait dengan ikon wisata religi Boja di Kompleks Makan Nyi Sedapu saat ini dilakukan pembaharuan cungkup, pembangunan lorong jalan masuk yang beratap dan penyediaan areal parkir di sebelah Makam Pahlawan. Adapun pembangunan cungkup dengan memanfaatkan kayu jati yang berada di sekitar kompleks makam Nyi Sedapu. “Insya Allah pada Merti Desa (7 Syawal 2024) sudah terlihat 50 persen,” terangnya.

Adapun perbaikan kompleks makam Nyi Sedapu bertujuan untuk mengangkat potensi wisata religi Boja seperti halnya makam Sunan Katong dan Makam Wali Kendal lainnya yang telah dinyatakan memiliki potensi wisata religi Kendal. “Ini sudah menjadi prioritas sesuai visi dan misi saya saat mencalonkan diri di Pilkades Boja,” imbuhnya.

Pengembangan potensi Boja juga melalui kegiatan olah raga di kompleks lapangan sepak bola Ngadibolo yang akan dibangunkan sport center dan tampilan produk UMKM di Rest Area. Selain itu, dengan tumbuhnya tempat-tempat wisata, angkringan dan kuliner di wilayah desa Boja menambah daya tarik Boja untuk disinggahi.

Demikian pula disampaikan, dengan dibangunnya RTH Boja di areal eks Kawedanan Boja, jelas akan mengangkat nama Boja dan geliat ekonomi masyarakat lebih bergairah. Demikian harapan dan opsesi Rofiq Anwar yang saat ini menjadi panutan bagi masyarakat Boja. Sriyanto

About Post Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *