Ming. Sep 25th, 2022

WARTAKADIN

Kabupaten Bekasi

Komunitas Reog Minta DPRD Kendal Mendukung Reog Ponorogo

1 min read

Kendal, wartakadin. Reog yang menjadi warisan kesenian rakyat hingga kini terus dilestarikan, khususnya reog Ponorogo. Tetapi oleh Pemerintah Malaysia, reog Ponorogo diakuinya sebagai warisan budaya nenek moyangnya.

Hal ini yang mendorong Jaringan Komunikasi Rakyat Kendal (JARKE) mendatangi DPRD Kendal yang diterima Komisi D DPRD Kendal menyampaikan usulannya agar Reog Ponorogo untuk segera didaftarkan ke Kemendikbud sebagai warisan budaya Bangsa Indonesia ke Lembaga Pendidikan dan Kebudayaan bentukan PBB.

Sindhu Wongso, koordinator JARKE memprotes adanya pemberitaan isu reog Ponorogo diklaim negara Malaysia hingga menjadi narasi pemberitaan publik di media sosial.

“Bertemu dengan Dewan ini, kami ingin menyampaikan aspirasi yang krusial tentang reog Ponorogo sebagai seni budaya milik bangsa Indonesia yang perlu diperjuangkan dan menjadi bahasan para wakil rakyat,” pintanya di depan Komisi D DPRD Kendal pada Selasa (12/4/2022).

JARKE juga meminta Pimpinan DPRD Kendal dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Kendal agar seniman Kendal untuk dilibatkan dalam kegiatan seni dan budaya di Kabupaten Kendal.

Khususnya kepada Pemangku Kebijakan diminta untuk memiliki kepedulian dan mendorong para seniman tradisional Kendal, seperti kelompok seni barongan bisa masuk dalam struktur dewan kesenian Kendal.

Sindhu Wongso juga mengingatkan bila saat ini, Malaysia sedang membangun opini dengan mengklaim Reog Ponorogo sebagai miliknya.

Komisi D DPRD Kendal diwakili Mahfud Sodiq berjanji segera melayangkan surat ke Kemendikbud untuk mendesak segera mendaftarkan Reog Ponorogo sebagai warisan budaya Bangsa Indonesia masuk ke Unesco bidang pendidikan, ilmu pengetahuan dan kebudayaan. Sriyanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos-pos Terbaru