Sel. Sep 27th, 2022

WARTAKADIN

Kabupaten Bekasi

Kunci Sukses KIK : Bisa Ciptakan Lingkungan Investasi Dan Serap Banyak Tenaga Kerja

2 min read

Kendal, wartakadin. Kawasan Industri Kendal (KIK) sejak berdiri pada tahun 2011 dan diresmikan Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong pada tahun 2016 harus bisa menyerap banyak tenaga kerja, selain menciptakan lingkungan investasi di Kabupaten Kendal.

Hal ini disampaikan Menteri Pembangunan Nasional Singapura Desmond Lee dalam acara penandatanganan MoU tentang penyiapan penyaluran tenaga kerja KIK, Kamis (24/3/2022) di Pendopo Tumenggung Bahurekso Kabupaten Kendal.

Dalam kunjungan resmi pertama di KIK dan Jawa Tengah, Desmond Lee terkesan dengan keramahtamahan dan sambutan hangat bupati Kendal Dico M Ganinduto dan masyarakat Kendal yang hal ini dikatakan, menjadi spirit dan optimisme untuk berkolaborasi antara dua negara (Indonesia – Singapura).

“Enam tahun berlalu, Kendal Industrial Park telah membuat kemajuan yang mengesankan,” demikian kesannya setelah melihat secara langsung kemajuan yang dialami KIK.

Menteri Desmond Lee saat berkunjung ke KIK didampingi Dubes Singapura dan Bupati Kendal melihat infrastruktur, jalan, bisnis dan pabrik-pabrik yang sudah berdiri. Juga mendengar presentasi dari perusahaan KIK.

Prosentasi dilanjutkan dialog untuk berbagi yang saling memberikan dukungan. Bahwa Pemerintah Singapura melalui Menteri Desmond Lee menyatakan berencana untuk terus memanfaatkan dan menarik lebih banyak lagi investasi ke Kendal.

Dijelaskan, Kendal Industrial Park adalah kawasan industri yang menampung investasi yang merupakan proyek bersama Indonesia dan Singapura. Yakni merupakan joint venture antara Jababeka Indonesia dengan Sembcorp Singapura.

“Kami akan terus membuat lingkungan bisnis Kendal ramah, menyediakan infrastruktur, layanan yang mudah dan cepat untuk menarik banyak perusahaan dari Singapura, juga dari Indonesia dan dari seluruh dunia,” pungkasnya.

Sementara Bupati Kendal Dico M Ganinduto sampaikan harapannya, bahwa kunjungan Menteri Pembangunan Nasional Singapura Desmond Lee ke Kabupaten Kendal menjadi momentum spesial untuk saling bersinergi dan bekerjasama membangun ekonomi Kendal dengan Menteri Bappenas Singapura yang sekaligus menyaksikan penandatanganan MoU antara Pemkab.Kendal, Kementerian Perindustrian dengan PT. Kawasan Industri Kendal.

Adapun nota kesepakatan yang ditandatangani itu terkait kolaborasi terhadap SDM di Kabupaten Kendal dalam upaya pemenuhan persyaratan pengisian lowongan kerja sesuai dengan kebutuhan industri di KIK.

Bupati Dico berharap, MoU ini dapat membukakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat di Kabupaten Kendal, khususnya yang selama ini belum memiliki sertifikat untuk bekerja di PT. KIK.

“Pelatihan, akan diberikan oleh Kementerian Perindustrian RI. Dimana Pemkab.Kendal melalui dinas-dinas terkait akan segera mempersiapkan masyarakat yang ingin bekerja, dan setelah dilatih mereka bisa bekerja di PT. KIK,” jelas Bupati Dico. Sriyanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos-pos Terbaru