Ming. Sep 25th, 2022

WARTAKADIN

Kabupaten Bekasi

Launching Dana Sosial UPK PNPM MPD Dan Kawasan Perdesaan Di Desa Pakis Limbangan

2 min read

Tujuan peluncuran PNPM Mandiri pada masa Pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono untuk menanggulangi kemiskinan di Indonesia yang terus berjalan hingga sekarang asetnya berkembang, dikelola dan dimanfaatkan oleh masyarakat khususnya kaum perempuan untuk berwirausaha.

PNPM Mandiri Perdesaan di Kabupaten Kendal saat ini sudah berubah bentuk menjadi BumdesMa dan Unit Pengelola Kegiatan (UPK) di tingkat kecamatan, dikelola dan asetnya menjadi semakin besar.

Di Kecamatan Limbangan dengan motor penggerak Camat Limbangan Alfebian Yulando, Unit Pengelola Kegiatan (UPK) eks PNPM Mandiri Perdesaan Kabupaten Kendal difasilitasi untuk menyediakan lokasi peluncuran dana sosial sebesar Rp 655.244.000 diberikan kepada 3.217 warga kurang mampu di 16 kecamatan di Kabupaten Kendal, berlangsung pada Rabu (3/8/2022) di Desa Pakis Kecamatan Limbangan. Dan kegiatan ini juga dijadikan momentum untuk mengangkat potensi wisata kecamatan Limbangan yang terbangun dari kolaborasi empat desa yang memiliki kesamaan potensi wisata dan UMKM.

Ketua Asosiasi UPK Kabupaten Kendal Tri Winarto dalam launching dana sosial UPK PNPM MPD Kab.Kendal melaporkan, program PNPM sudah dibubarkan pemerintah pada tahun 2014. Tetapi dikatakan, program kerja dan pemanfaatannya terus berlanjut secara mandiri bahkan menghasilkan surplus atau menghasilkan keuntungan dari alokasi anggaran bergulir sebanyak Rp 655.244.000,-.

Dikatakan pula, para pengelola eks PNPM Mandiri Perdesaan terus bekerja dengan memberikan dana stimulan bergulir yang sangat membantu para pengusaha micro, kecil dan menengah yang membentuk Unik Pengelola Kegiatan di tingkat kecamatan.

Bupati Kendal Dico M Ganinduto hadir di launching bantuan sosial itu sangat mendukung program UPK eks PNPM Kabupaten Kendal karena telah melihat hasilnya yang positif dan bermanfaat khususnya bagi kaum perempuan Kendal untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga. Bupati katakan akan terus mendorong kegiatan ini untuk mengurangi angka kemiskinan di Kabupaten Kendal.

Selanjutnya, bupati Kendal berkesempatan memberikan SK kepada empat kepala desa yang berkolaborasi membangun kawasan pedesaan Padang Sumamper, yakni Desa Pakis, Peron, Sumber Rahayu dan Desa Gondang Kecamatan Limbangan.

Sementara Camat Limbangan Alfebian Yulando menambahkan, pembentukan kawasan perdesaan itu karena memiliki potensi yang sama berdekatan secara geografis dan infrastruktur bisa mandiri secara permodalan juga marketingnya.

Dikatakan pula, dari empat desa di kecamatan Limbangan yang sudah membentuk kawasan perdesaan ini selanjutkan akan dikembangkan desa desa lainnya yang memenuhi syarat untuk membentuk kawasan perdesaan. Sriyanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos-pos Terbaru