Rab. Agu 10th, 2022

WARTAKADIN

Kabupaten Bekasi

Manfaat CSR Perusahaan Harus Bisa Dirasakan Masyarakat Kendal

2 min read

Kendal, wartakadin. Angka Corporate Sosial Responbility (CSR) di kabupaten Kendal selama dua tahun dalam masa Pandemi Covid -19 telah mengalami penurunan.

Untuk itu Bupati Kendal Dico M Ganinduto, BSc meminta kepada pengusaha di kabupaten Kendal Kedepan harus lebih aktif dan responship terhadap perkembangan yang terjadi di masyarakat dan para pekerja (buruh).

Antara lain melalui pemberian CSR adalah salah satu kepedulian pengusaha terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar yang secara langsung terdampak dengan adanya pendirian pabrik-pabrik. Walaupun keberadaan industri itu berdampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi dan mengurangi angka pengangguran di kabupaten Kendal,” ungkap Bupati Kendal dalam sambutannya dalam acara CSR Expo di Pendopo Tumenggung Bahurekso, Kamis (16/12/2021).

Sebanyak 80 perusahaan yang diundang pada CSR Expo 2021 ini, mayoritas bergerak di bidang industri, CSR perusahaan diharapkan bupati Kendal kemanfaatannya bisa dirasakan oleh seluruh masyarakat Kendal. “Juga bisa mendorong pembangunan ekonomi di kabupaten Kendal,” Dico menambahkan.

Dalam masa Pandemi, Bupati Kendal Dico sangat memahami kondisi perusahaan yang ikut terkena dampaknya. Sehingga bila terjadi penurunan angka CSR selama dua tahun ini, bupati Dico katakan “Itu sudah wajar dan rasional”.

Dihadapan para pengusaha yang hadir itu, Bupati meminta, meskipun masih dalam masa Pandemi Covid -19, semua perusahaan di Kendal harus memiliki kesamaan misi dan visi. Yakni : Kendal Handal – Unggul dan Makmur.

Selain meminta, manfaat CSR jangan hanya untuk kepentingan segelintir orang, atau oknum saja. Tetapi harus bisa berdampak yang positif kepada masyarakat Kabupaten Kendal.

Dengan penyatuan visi dan misi, Bupati berharap kepada para pengusaha sudah tahu arah pembangunan Kabupaten Kendal sekarang ke mana. Harapannya, para pengusaha bisa bersinergi contohnya yang ada kekurangan bisa dibantu, atau disupport dari program CSR.

Selanjutnya Bupati Kendal katakan, perusahaan yang selama ini telah memberikan CSR, kedepan bisa disalurkan lewat Badan Perencana, Penelitian dan Pengembangan (Baperlitbang) Pemkab. Kendal. Hal ini diharapkan bupati agar bisa diketahui atau dimonitor mana yang sudah memberikan CSR dan mana yang belum. Atau bahkan yang tidak memberikan CSR sekalipun.

Sementara, Ketua CSR Kabupaten Kendal Bejoko Salbianto menyampaikan, untuk beberapa tahun terakhir ini perusahaan yang telah menyalurkan CSR sekitar 20 perusahaan. Dan katakan pula, semenjak adanya Pandemi Covid -19, banyak perusahaan yang belum melaporkan kegiatan CSRnya.

“Untuk itu saya berharap, dimungkinkan pada awal Maret 2022 nanti baru pihak perusahaan melaporkan dan angkanya bisa diperkirakan naik,” tutur Bejoko Salbianto yang kesehariannya juga sebagai wakil pimpinan Bank Jateng Cabang Kendal.

Acara CSR Expo 2021 dihadapi selain bupati Kendal juga ketua Dekranasda Kab. Kendal Chaca Frederica (istri bupati), Para Pimpinan Perusahaan, Kepada OPD Kab. Kendal yang diisi dengan dialog interaktif dipandu Abdul Wahab.

Bupati Kendal Dico M Ganinduto didampingi istri juga berkesempatan melihat tampilan UMKM yang mendapatkan dukungan CSR Perusahaan di Kendal. Sriyanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *